OK

Cerita Kita: Rumah Jadi Tempat Belajar Mandiri hingga Mendekatkan Diri dengan Keluarga

17 Januari 2023 · 5 min read · by Tiara

Punya rumah bukan sekadar kebutuhan, tapi juga bisa menjadi medium untuk tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bahkan sebagai perekat bagi orang-orang di dalamnya. Itulah mengapa, delapan sosok ini berjuang sepenuh hati dan raga untuk bisa mendapatkan rumah idaman mereka. Simak kisah mereka dalam Cerita Kita babak ketiga berikut ini.

cerita kita sobri

Sobri dan istri memutuskan untuk membeli rumah dengan KPR dan memanfaatkan pendapatan keduanya dengan melakukan join income. 

Kini, rumah hasil jerih payah keduanya pun bisa menjadi tempat bernaung untuk mereka dan dua putri cantik mereka.

Rumah itu memang tidak terlalu besar, tetapi menurut Sobri dapat memberikan kenyamanan dan memenuhi kebutuhan keluarga.

Ia dan istri bertekad untuk merenovasi rumah dengan menambah kamar tidur sebelum si sulung masuk sekolah dasar untuk memupuk kemandiriannya.

“Rumah ini hampir saja kami jual karena mertua meninggal dunia akibat Covid-19. Bapak mertua tinggal sendiri dan kami ingin menemani. Namun, setelah kami cari-cari rumah yang dekat dengan mertua, harganya sangat tidak masuk akal. Akhirnya kami mencari jalan tengah dan tetap mempertahankan rumah ini,” ungkap Sobri.

Sobri mengaku, area teras depan rumah serta ruang TV adalah area favoritnya karena bsia jadi tempat mengobrol dengan istri dan buah hati bahkan menjadi area work from home. 

Dengarkan Cerita Kita Sobri di Instagram Rumah123.com dengan mengeklik tautan ini.

cerita kita agia dan putri

Bagi Agia dan Putri, memilih rumah bukan hanya soal materi saja namun juga pertimbangan tentang faktor emosional.

Berdasarkan dua hal itu, mereka pun sepakat memilih untuk tinggal di rumah minimalis modern yang kini menjadi hunian mereka.

Walaupun dengan luas tanah yang terbatas, mereka berhasil mewujudkan rumah impian dengan memaksimalkan setiap sudut ruangan, karena rumah ini adalah simbol harapan untuk keluarga kecil mereka. 

Rumah yang dibeli pada 2018 ini cukup minimalis, namun setiap sudutnya dimanfaatkan dengan sangat baik.

Berkonsep rumah tumbuh, berbagai area di hunian tersebut pun sudah diproyeksikan Agian dan Putri untuk dialihfungsikan untuk kebutuhan lain sewaktu-waktu.

“Saya berharap rumah ini bisa jadi saksi dari segala rencana hingga kenangan keluarga kami. Rumah ini simbol permulaan bagi kami,” ungkap Agia.

Tengok rumah Agia dan Putri serta kisah di baliknya dalam Cerita Kita keduanya di sini.

Rumah adalah wujud kemandirian bagi Fahmi dan Ayu.

Dalam proses membangun rumah ini, keduanya mencurahkan segala kemampuan dan harapannya untuk merancang semuanya dari nol.

Latar belakang Ayu yang punya pengalaman di bidang interior serta dipadukan dengan selera keduanya, rumah tersebut pun sedikit demi sedikit terisi dan terdekorasi.

Berkat kekompakan serta keyakinan mereka, hunian pertama mereka berhasil menjadi kenyataan.

Masih banyak yang harus dikerjakan tapi enggak pengen langsung. Rumah hasil renovasi itu berproses. Nantinya, kami pengen lebih banyak outdoor space. Rumah ini nyaman sih, rasanya seperti tinggal di penginapan,” kelakar Fahmi.

Simak Cerita Kita dari Fahmi dan Ayu di Instagram Rumah123.com, klik di sini, yuk!

Danang memilih untuk membeli rumah di daerah Tangerang walaupun belum berkeluarga.

Tangerang ia nilai sebagai tempat yang tepat karena telah mengenal wilayah tersebut sejak kecil.

Belum lagi letak rumahnya sangat strategis, terlebih dekat kediaman sang orang tua.

Biarpun tinggal sendiri, ia tak merasa kesepian karena banyak keluarga dan teman yang kerap datang mengunjungi.

“Rumah ini masih banyak ruang kosongnya, pelan-pelan gw bakal tentuin desain dan fungsinya. Yang pasti, ruang tengah dan pantry ini paling sering dipakai,” ujar Danang.

Baginya, selain menjadi mandiri, punya rumah sendiri membuatnya bisa menjadi diri sendiri karena ia bisa pulang dan bebas mengekspresikan diri sebebas-bebasnya.

Cerita Kita dari Danang selengkapnya bisa kamu dengarkan langsung di sini!

Setelah tujuh tahun tinggal bersama orang tua, Eboy dan Ica membulatkan tekad untuk bisa hidup mandiri bersama buah hati mereka.

“Kami tinggal di Depok 3 tahun, 4 tahun di Tangerang. Kami akhirnya mencari rumah dari social media terus setelah nemu rumah ini, lihat lokasi lingkungan dan rumahnya klik, akhirnya beli. Rumah ini dekat kantor dan dari mana-mana,” ujar Ica.  

Ternyata banyak sekali hikmah dari keputusan yang mereka ambil, termasuk dengan banyaknya perubahan positif yang dialami bersama dengan anak kesayangan mereka, Aim.

Dengarkan kisah lengkap dari Eboy dan Ica di sini!

Ismed dan Dwi menetapkan target untuk bisa punya rumah sendiri setelah dua tahun mengontrak.

Beruntungnya, saat pertama kali survei mereka merasa cocok dan memutuskan untuk membeli rumah ini.

“Daripada terus buang-buang uang untuk bayar kontrakan akhirnya kami beli rumah. Cuma lihat foto yang dikirim langsung datang untuk survei. Lokasinya kamis suka dan langsung ketemu sama developer. Lingkungan ruma ini alami dan segar serta bisa mendukung tumbuh kembang anak, jadi kami sangat suka,” ungkap Dwi.

Bagi keduanya, rumah ini tidak hanya menjadi hunian penghilang penat, namun juga sebagai reward dari kerja keras mereka berdua.

Seperti ini Cerita Kita dari Ismed dan Dwi, klik untuk mendengarkan lebih lanjut!

Apartemen ini adalah rumah pertama sekaligus investasi bagi Okky.

Tidak hanya menjadi tempat yang nyaman untuk pulang, tetapi juga rumah ini memberikan keleluasaan bagi Okky dan kerabat yang berkunjung untuk bisa melakukan banyak aktivitas bersama.

Walaupun masih sendiri, Okky sudah mempersiapkan modal masa depan untuk keluarganya, sambil mewujudkan impian yang sedang dikejarnya.

Seperti ini Cerita Kita dari Okkyyuk dengarkan langsung kisahnya di Instagram Rumah123.com!

Dari sekian banyak rumah, Danu dan Dwita menjatuhkan pilihan pada rumah ini.

Karena ini adalah rumah pertama mereka, setiap sudutnya ditata sedemikian rupa agar bisa menjadi tempat berkumpul keluarga kecil mereka.

Suatu kebanggaan bagi Danu & Dwita bisa memiliki rumah ini, untuk dapat bebas berekspresi dan menata mimpi serta harapan mereka di masa depan.

Danu dan Dwita mencurahkan ceritanya di Instagram Rumah123.com, klik lebih lanjut untuk mendengarkan!

Property People, selalu ada kisah di balik sebuah rumah.

Semoga Cerita Kita dari Rumah123.com ini dapat menginspirasimu untuk terus semangat mewujudkan impian mendapatkan hunian sendiri.

Nantikan episode-episode selanjutnya hanya di Instagram Rumah123.com.


Tag: , ,


Tiara
Tiara

Content Manager 99 Group (Rumah123.com & 99.co Indonesia) - jurnalis/penulis/editor yang senang traveling