Century 21 Prioritas Margo Khusiono, Member Broker Century 21 Prioritas sedang menjelaskan pentingnya "digital marketing" bagi agen properti. Foto: Rumah123/Wita Lestari

Saat ini setiap usaha, termasuk di bidang properti, wajib ber-digital marketing. Kalau ingin berkembang dan berjaya, pelaku usaha wajib melakoninya. Hal ini ditekankan oleh Member Broker Century 21 Prioritas, Margo Khusiono, di Jakarta, Sabtu (14/5).

Di kantornya, Jalan Rawasari Selatan No. 48C, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Margo berbagi ilmu tentang digital marketing kepada para agen properti. Dia menjelaskan panjang-lebar betapa pentingnya digital marketing demi menunjang profesi seorang agen properti.

Digital marketing tuh gak susah. Bapak dan Ibu bisa melakukannya sambil tidur-tiduran di rumah. Tinggal posting-posting saja,” kata Margo memotivasi para agen yang telah meluangkan waktu Sabtunya dari pagi hingga siang itu.

Margo mewajibkan para agen untuk memanfaatkan situs-situs properti yang kini sudah banyak, di antaranya situs properti nomor satu di Indonesia yakni Rumah123.com.

“Situs properti memang banyak, tapi kan ada levelnya sendiri-sendiri. Seperti air mineral kan sekarang juga banyak sekali mereknya, tapi tetap saja ada yang teratas dan sudah kita percaya. Nah, begitu pula dengan situs properti. Jadi, Bapak dan Ibu pilih yang memang teratas, di antaranya Rumah123.com,” kata Margo yang telah berpengalaman satu dekade di dunia properti ini.

Menurutnya, dibandingkan dengan cara penjualan konvensional, penjualan melalui situs properti itu bisa lebih cepat. Ia mencontohkan Ibu Nurdiana yang baru dua minggu posting penjualan rumah di sebuah situs properti lantas laku Rp9 miliar.

Baca juga: Peluang Besar Jualan dengan Network Marketing

Ibu Nurdiana ini ibu rumah tangga yang baru coba-coba menjadi agen properti. Dia belum punya pengalaman menjual rumah, tapi punya semangat untuk posting-posting di situs properti. “Semua situs properti yang tak berbayar saya coba pakai. Saya juga baru belajar-belajar saja, posting-posting gitu,” kata Nurdiana yang hadir di acara ini kepada rumah123.com.

Margo juga menyampaikan dalam presentasinya tentang kiat-kiat bagaimana supaya postingan para agen bisa menarik. “Fotonya harus bagus. Kata-katanya jangan klasik seperti ‘rumah dijual' itu dua kata jangan dipakai lagi. Pakai kata yang kreatif,” kata Margo memberikan salah satu kiatnya.

Pendek kata, yang ditawarkan Margo adalah kesempatan bagi siapa saja yang mau menjadi wirausahawan properti dengan mengandalkan digital marketing. Baginya, properti itu bidang usaha yang tak ada matinya, dinamis dan menjanjikan, tinggal bagaimana kita memanfaatkan cara yang cerdas.

“Properti itu kebutuhan primer manusia. Selain itu, bisa untuk investasi. Bisa berfungsi sebagai hunian sekaligus gengsi,” kata Margo yang optimistis dunia properti akan merangkak naik tahun ini.

Sejak menjadi prinsipal di Century 21 Prioritas pada Juni 2013, Margo selalu optimistis dunia properti akan membaik. “Tahun 2014-2015 boleh dibilang memang stag. Tapi, tahun 2016 ini mulai bergerak bagus,” kata Margo.

Indikator bagus itu, menurut Margo, tampak dari SBI yang turun, infrastruktur yang kini giat dibangun pemerintah, daya beli masyarakat yang membaik (terutama bagi kelas menengah), sistem transportasi yang berusaha dirampungkan pemerintah yakni MRT.

Para usahawan di acara Century 21 Prioritas Para wirausahawan bidang properti di acara Century 21 Prioritas yang dipandu Margo Khusiono, Sabtu (14/5/2016) di Jalan Rawasari Selatan No. 48C, Jakarta Pusat. Foto: Rumah123/Wita Lestari
Bagikan: 2322 kali