kota paling aman di dunia

Wah, ternyata Jakarta menempati posisi ke-43 untuk kategori indeks keamanan kota. Berarti termasuk aman atau tidak ya? Yuk, cari tahu ulasannya.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan The Economist Intelligence Unit (EIU), terkait dengan Safe City Index (SCI) atau Indeks Keamanan Kota, Jakarta menempati posisi 43.

Rumah123.com melansir ulasan mengenai indeks keamanan kota ini dari situs berita online Kompas.com.

Posisi tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan tetangga dekat Indonesia, yaitu Singapura yang menempati posisi ke-3.

Bahkan, Kuala Lumpir di Malaysia pun menempati posisi ke 32. Jauh sekali ya, jika dibandingkan dengan ibu kota negara ini.

Namun, tak perlu sedih. Jika dibandingkan dengan negara-negara Aia-Pasifik lainnya, Jakarta ada di posisi 15 lo.

Beberapa negara yang Indonesia kalahkan untuk menjadi posisi 15 Asia-Pasifik antara lain New Delhi dan Mumbai di India,

Lantas ada kota Manila di Filiphina, Dhaka di Bangladesh, Karachi di Pakistan dan juga Yangon di Myanmar.

Kota Paling Aman di Dunia

Dalam penelitian yang sama, selama tiga kali beruntun, sejumlah kota Singapura, Tokyo, dan Osaka yang berada di Jepang selalu menempati posisi yang sama.

Masing-masing kota tersebut berada di urutan 3 untuk Singapura, posisi 5 untuk Tokyo dan posisi 17 untuk Osaka. Wah, keren ya.

Sementara pada tahun ini, Kopenhargen di Denmark masuk dalam urutan pertama dengan skor 82,4, yang disusul oleh Toronto (Kanada) dengan nilai 82,2.

Penelitian tersebut didasarkan pada beberapa pilar seperti keamanan digital, keamanan kesehatan, keamanan infrastruktur, keamanan pribadi, dan keamanan lingkungan.

Sebagai kota paling aman di dunia dalam pilar keamanan digital, ditempati oleh Sydney dengan poin tertinggi, disusul Singapura, Copenhagen, serta Los Angeles dan San Francisco.

Untuk pilar keamanan, Tokyo dan Osaka di Jepang, Singapura, Hong Kong, dan Melbourne di Australia yang masuk dalam jajaran teratas.

Rumah123.com juga sempat menayangkan artikel mengenai Jakarta yang termasuk dalam kota dengan tata kota terburuk di dunia.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Jakarta Garden City.

Bagikan:
372 kali