LRT Jabodebek Kompas.com

Sudah lama tidak terdengar, proyek LRT Jabodebek kini sudah mengalami progres yang cukup positif.

Jika tidak ada halangan, pada tahun 2022 nanti transportasi publik ini akan mulai beroperasi untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Melansir Detik, PT Kereta Api Indonesia kini tengah melakukan persiapan operasional dari sisi fasilitas penumpang, sarana, prasarana hingga perizinan.

“Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, tentu kehadiran LRT Jabodebek sangat dinantikan untuk mendukung kegiatan bertransportasi masyarakat yang aman, nyaman dan bebas macet," terang VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Rabu (15/9/2021).

Berdasarkan Perpres nomor 49 Tahun 2017, PT KAI ditetapkan sebagai pihak yang menyelenggarakan sarana dan prasarana LRT Jabodebek antara lain meliputi pengadaan sarana, pengoperasian sarana dan prasarana, perawatan sarana dan prasarana, pengusahaan sarana dan prasarana termasuk pendanaan prasarana Kereta Api Ringan/Light Rail Transit terintegrasi serta penyelenggaraan sistem tiket otomatis (Automatic Fare Collection).

Daftar jalur LRT Jabodebek

Ketika sudah beroperasional tahun 202 nanti, LRT Jabodebek akan memiliki 18 stasiun yang melewati beberapa wilayah seperti

- Stasiun Dukuh Atas

- Setiabudi

- Rasuna Said

- Kuningan

- Pancoran

- Cikoko

- Ciliwung

- Cawang

- Taman Mini Indonesia Indah

- Kampung Rambutan

- Ciracas

- Harjamukti

- Halim

- Jatibening Baru

- Cikunir I

- Cikunir II

- Bekasi Barat

- Jatimulya.

Kedelapan belas stasiun tersebut berada di lokasi yang cukup strategis seperti di dekat kawasan perumahan dan perkantoran agar memudahkan masyarakat menjangkau LRT.

Stasiun LRT terdiri dari 2 tipe

Stasiun LRT Jabodebek nantinya akan terdiri dari dua tipe yaitu tipe Interchange Station yakni Stasiun Cawang dan tipe Typical Station untuk 17 stasiun lainnya.

Interchange Station sendiri  memiliki 3 lantai dimana lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron dan lantai 3 adalah area komersial.

Sedangkan untuk Typical Station memiliki  2 lantai, di mana lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron.

"Stasiun Cawang merupakan Interchange Station dikarenakan merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit. Dimana pelanggan dari stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti dulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya," tambah Joni.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai 18 stasiun LRT Jabodebek yang bisa kamu ketahui lokasinya.

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Dan jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
278 kali