OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Cek Genangan Air yang Bikin Halaman Becek, Ini Solusinya!

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Ade Miranti

Foto: iStock Photo

Foto: iStock Photo

Sehabis hujan, kerap ada genangan air yang membuat halaman rumah menjadi becek. Apalagi saat melintasi genangan itu, lantai rumahmu bakal berjejak sandal, sepatu, atau kaki bekas genangan.

Hal itu bukti dari sistem drainase yang buruk. Drainase yang buruk bisa disebabkan oleh komposisi tanah kurang baik di sekitar rumah. Bisa juga karena kepadatan tanah berkurang dan posisi rumah terletak pada kemiringan yang tidak pas.

Baca juga: Buruan Deh, Cek Atap Kamu Sebelum Hujan Datang

Solusi efektifnya yakni dengan membuat area resapan air dan area pengerasan. Area resapan air merupakan area yang tak ditutupi pengerasan. Bahan paving block, grass block, atau taburan batu alam bisa digunakan untuk area pengerasan.

Selain itu, membuat saluran air tambahan apabila halamanmu masih bisa dirombak untuk menambah saluran baru. Juga mengalihkan atau membagi jalur air dengan memasang pipa di atas bagian pinggiran rumah. Dengan metode ini air dijamin tidak berkumpul pada satu area.

Alternatif lainnya, membuat lubang resapan biopori dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Pilih daerah yang tepat untuk membuat lubang biopori. Hindari pembuatan lubang sekitar akar pohon besar atau tempat yang dilalui kabel atau pipa.

Kemudian lubangi tanah sedalam 10 sentimeter. Kemudian tancapkan pipa paralon ke dalam lubang. Isilah lubang tersebut dengan dedaunan atau sampah kebun.

Kemudian, beri tutup pada lubang biopori agar volume sampah berkurang dan berubah menjadi pupuk kompos. Untuk membuat lubang biopori selanjutnya, beri jarak minimal 50 cm dengan lubang sebelumnya. (Wit)


Tag: , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA