Cat epoxy merupakan salah satu cara terbaik dalam menghasilkan inspirasi rumah nan estetis. Simak serba-serbi dan fakta menariknya di sini selengkapnya. 

cat epoxy

Cat epoxy mungkin bagi beberapa orang tidak terdengar familiar sebagai salah satu aplikasi warna cat yang banyak digunakan pada beberapa bagian rumah. 

Meski namanya terdengar kurang familiar, epoxy merupakan salah satu jenis cat yang kurang lebih mirip seperti cat pilox yang kerap disemprot pada banyak bagian.

Perlu diketahui, setiap bagian cat masing-masing memiliki peruntukan sesuai kebutuhan  maupun tata ruang, tak terkecuali epoxy.

Lantas, seperti apa aplikasi dan penggunaan epoxy pada sebuah hunian? Simak pembahasannya bersama-sama berikut ini. 

Apa itu Cat Epoxy?

Cat epoxy merupakan cat khusus yang terdiri dari campuran bahan resin dan hardener sebagai lapisan pelindung tipis pada lantai. 

Dalam banyak kesempatan, epoxy kerap diaplikasikan pada lantai beton atau berfungsi sebagai pelindung dari cat atau keramik lantai.

Fungsi penerapan epoxy adalah menciptakan ketahanan terbaik pada bagian penting di dalam rumah maupun sebagai pelindung dari bahan kimia berbahaya.

Tak hanya sekadar pelindung, epoxy juga menghasilkan nilai estetika yang menarik sehingga lantai menjadi lebih bersih dan elegan.

Selain itu, penggunaan epoxy juga bisa dirancang untuk menghasilkan dinding rumah yang lebih estetis dan unik.

Adapun, kamu bisa berkreasi membentuk kreasi seni seperti mural pada dinding rumah hanya dengan padu padan epoxy. 

Baca JugaLantai Marmer Memang Mewah, tapi Perhatikan Dulu 9 Hal Ini Sebelum Beli

Jenis Cat Epoxy Lantai yang bisa diaplikasikan di rumah 

Ada beberapa jenis epoxy lantai yang perlu kamu ketahui sebagai bagian penting saat akan membangun maupun mengembangkan inspirasi rumah.

Beberapa jenis epoxy lantai yang bisa diaplikasikan pada rumah dapat dideskripsikan sebagai berikut. 

1. Epoxy coating 

Secara umum epoxy coating merupakan nama lain dari aplikasi lapisan epoxy pada lantai rumah.

Aplikasi epoxy coating berfungsi untuk melapisi bagian permukaan lantai dengan tekstur tipis namun berkualitas tinggi. 

Umumnya, aplikasi lapisan ini kerap dirancang dalam bentuk tiga lapis sehingga permukaan lantai menjadi lebih aman dan terlihat mengkilap. 

Adapun, pengaplikasiannya kerap menggunakan cat rol biasa atau squeegee yang berfungsi meratakan cat. 

2. Epoxy mortar 

Jenis epoxy mortar atau quartz epoxy merupakan jenis dan hasil kombinasi material atau aditif tambahan dengan pasir silika.

Paduan kombinasi epoxy dengan pasir silika menjadikan jenis epoxy ini terlihat sangat kuat dalam melindungi permukaan dinding dan lantai rumah. 

Secara umum, aplikasi epoxy mortar kerap digunakan pada kebutuhan industri berskala besar khususnya pergudangan maupun pabrik. 

Sebab, aplikasi epoxy mortar merupakan solusi yang tepat dalam membentuk proses perbaikan beton secara cepat dan solutif. 

Tak hanya menjadi solusi, proses pengeringan yang cepat dan bisa digunakan dalam jangka panjang merupakan dua keunggulan utama dari epoxy ini. 

3. Epoxy metalik 

Apabila kamu kerap menginginkan inspirasi rumah dengan bentuk lantai marmer yang estetis, tak ada salahnya untuk mengaplikasikan epoxy metalik di rumah.

Sebab, epoxy dengan tekstur mengkilap ini dibentuk atas dasar tiga komponen umum perawatan logam. 

Aplikasi epoxy dengan tekstur metalik bisa disesuaikan dengan karakteristik maupun tata ruang rumah untuk menambah kesan yang estetis.

Meski demikian, aplikasi epoxy metalik sangat berpengaruh terhadap tekstur resin dengan warna pigmen logam yang bisa digunakan.

Oleh sebab itu, pastikan aplikasi epoxy diformulasikan dengan baik agar tidak merusak cat maupun tekstur lantai yang akan merugikan penghuni rumah. 

4.  3D Epoxy clear

Tak hanya dalam bentuk dua dimensi sekalipun monoton, tekstur epoxy ternyata juga bisa diaplikasikan dalam bentuk tiga dimensi. 

Kamu pun bisa mengaplikasikan epoxy dengan membuat gambar tiga dimensi dengan mengecat permukaan lantai secara unik dan estetis. 

Adapun, konsep tiga dimensi adalah menempelkan stiker bergambar tiga dimensi pada permukaan lantai, yang dilapisi resin bening untuk menimbulkan kesan reflektif. 

Baca Juga : Make Over Kamar Mandi Jadul Jadi Modern, Modalnya Cuma Sejuta!

Berapakah harga Cat Epoxy? 

Bagi kamu yang merasa takut akan mahalnya biaya renovasi atau make over pada beberapa bagian rumah, epoxy menjadi pilihan paling tepat.

Sebab, harga cat maupun lapisan epoxy tergolong sangat terjangkau, sekalipun menjadi pilihan menarik untuk memangkas biaya. 

Adapun, kamu bisa membeli jenis cat ini dengan harga mulai dari Rp30 ribu sampai dengan Rp100 ribu tergantung dengan kualitas maupun komposisinya. 

Dengan harga tersebut rasanya kamu tak perlu risau jika membayangkan renovasi kamar tidur atau kamar mandi di rumah terasa mahal. 

Tak jarang, cat epoxy juga menghasilkan kualitas dan tekstur lantai maupun aplikasi dinding terbaik untuk kebutuhan rumahan. 

Demikian beberapa fakta menarik dan serba-serbi mengenai aplikasi epoxy di rumah. 

Yuk, cari tahu inspirasi tips terbaik dalam merawat rumah, selengkapnya di artikel.rumah123.com.

"Ingin punya rumah tumbuh yang estetis di Bandung? Kamu bisa cek Nuera Arcamanik di sini selengkapnya."

Bagikan:
2355 kali