sipetruk

Sudah tahu aplikasi SiPetruk? Atau bahkan sudah pernah menggunakannya? Bagi yang baru kenal, berikut penjelasan tentang aplikasi ini.

Berkembangnya dunia properti dibarengi dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih. Sehingga, banyak cara mudah untuk mencari sebuah hunian.

Salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah membuat sejumlah sistem berbasis aplikasi serta website.

Aplikasi dan website tersebut dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi apa pun tentang perumahan subsidi.

Beberapa sistem berbasis aplikasi tersebut adalah Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep),

Lantas ada Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk), dan situs Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang).

Yuk, cari tahu lebih lengkap mengenai Sistem Pemantauan Konstruksi atau SiPetruk pada ulasan di bawah ini.

Apa Itu SiPetruk?

Aplikasi SiPetruk merupakan sistem yang digunakan untuk melakukan pemantauan konstruksi bangunan rumah subsidi yang dilakukan oleh pengembang perumahan.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah, dengan memeriksa apakah sebuah hunian yang dibangun oleh pengembang, layak atau tidak.

Badan Layanan Umum PPDPP Kementerian PUPR bekerja sama dengan Lembaga Pengembang Jasa Konstruksi (LPJK).

Kerja sama dengan konsep kemitraan dari Manajemen Konstruksi (MK) ini memang memeriksa langsung ke lapangan.

Nah, MK akan berkunjung ke lapangan sesuai dengan pengajuan pemeriksaan dari para pengembang perumahan dari siteplan digital di aplikasi SiKumbang.

Dengan cara ini, para pengembang tidak perlu lagi menyiapkan tim pengawas bangunan. Cukup memberikan notifikasi dalam aplikasi tersebut terkait rumah yang dibangun untuk dipantau.

Selanjutnya, MK akan memberikan laporan penilaian yang terhubung langsung dengan secara sistem dengan PPDPP.

Jika dinyatakan layak huni, maka daftar rumah tersebut akan muncuk di aplikasi SiKasep untuk dijual kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Manfaat Aplikasi SiPetruk

Aplikasi berbasis Android ini, berfungsi untuk merekam proses pemeriksaan persyaratan keselamatan, kesehatan, kemudahan, kenyamanan, dan tata bangunan sesuai dengan ketentuan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi SiKumbang, SiKasep, dan aplikasi di bank pelaksana.

Dengan menggunakan aplikasi SiPetruk ini, tentu saja kamu memiliki sejumlah manfaat terutama dalam mengecek banyak hal, antara lain:

1. Informasi kepada masyarakat dan seluruh stakeholder perumahan, bahwa rumah sudah layak fungsi dan siap huni, secara online dapat terlihat dari fitur siteplan.

Fitur siteplan digital tersebut berada di aplikasi SiKasep dan SiKumbang dengan informasi Kavling berwarna Hijau.

2. ID Konstruksi dan Dokumen Digital SLF (Sertifikat Laik Fungsi) yang akan digunakan oleh Bank pelaksana untuk kebutuhan pengajuan program KRP Sejahtera, sehingga mempercepat proses dan pencairan dana.

Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui mana apakah rumah yang sedang dibangun layak atau tidak.

Konektivitas Aplikasi SiPetruk dan SiKumbang

Selain itu, jika pengembang perumahan tidak lolos dalam aplikasi SiPetruk, maka secara otomatis rumah yang dibangun tidak masuk dalam SiKumbang.

Dengan begitu, bank tidak perlu lagi memeriksa kelayakan bangunan dari perumahan yang dibangun oleh pengembang.

PPDPP pun terus mematangkan teknis penyelenggaraan pelatihan bagi SiPetruk bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi.

Aplikasi SiPetruk ini akan sangat membantu masyarakat dan pengembang, serta bank pelaksana dalam menyalurkan dana KPR Subsidi FLPP.

Dilansir dari berbagai sumber, catatan realisasi per tanggal 11 Mei 2021, PPDPP telah menyalurkan FLPP sebesar Rp6,47 triliun untuk 59.503 unit rumah atau sekitar 37,78 persen dari target 2021.

Sehingga total penyaluran FLPP dari tahun 2010 hingga per 11 Mei 2021 mencapai Rp62,07 triliun untuk 824.358 unit rumah.

Rumah123.com juga pernah membahas mengenai berbagai hal terkait program sejuta rumah mulai dari FLPP, MBR, dan lainya.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Gardens at Candi Sawangan.

Bagikan:
417 kali