Detail of an old knob turned wood - Old Tuscany furniture - Italy, 19th century

Musuh kayu adalah rayap. Serangga yang satu ini kerap merusak barang-barang di rumah yang terbuat dari material kayu.

Tak jarang rumah pun menjadi kotor karena rayap. Untuk mengatasi datangnya rayap, biasanya kita menggunakan bahan-bahan kimia pengusir rayap.

Baca juga: Ayo, Percantik Tampilan Balkonmu!

Eits, jangan buru-buru menggunakan bahan-bahan kimia tersebut. Ada berbagai cara lain yang lebih alami dalam mencegah datangnya rayap ke rumah kita, lho!

Agar rayap tak bersarang di rumah, sebaiknya singkirkan kayu bekas yang ada. Baik yang terdapat di gudang, halaman, atau pun tempat lainnya.

Jika kamu baru selesai merenovasi rumah, singkirkan pula kayu bekas pasca renovasi. Kayu bekas yang dibiarkan begitu saja akan menjadi sarang yang nyaman bagi rayap.

Selain pada kayu bekas, rayap juga betah berlama-lama di tempat yang lembap. Karena itu, jika ada pipa, keran, atau genteng rumah yang bocor segera perbaiki.

Baca juga: Cara Mudah Buat Lubang Biopori

Untuk furnitur dari kayu,  sebaiknya kamu melakukan finishing dengan memberi pelitur. Hal ini dapat mencegah rayap menyerang furniturmu karena pelitur yang mengurangi reaksi kayu pada kelembaban lingkungan.

Begitu pula dengan furnitur yang peliturnya telah pudar, kamu dapat melakukan perawatan kembali dengan mengganti lapisannya. Selamat mencoba! (Ing)

Bagikan: 994 kali