Bedah rumah GTV merupakan salah satu reality show yang membantu masyarakat kurang mampu untuk merenovasi hunian yang kurang kayak. Yuk, cari tahu fakta dan tips untuk mendaftarkan acara ini selengkapnya!

bedah rumah gtv Sumber: YouTube Official GTV

Di Indonesia, tayangan reality show merupakan salah satu komoditas acara dengan rating yang sangat tinggi.

Ada banyak jenis reality show yang tidak hanya bersifat drama emosional saja, namun juga berkaitan dengan kehidupan sosial manusia.

Salah satu jenis tayangan reality show dengan kategori sosial adalah bedah rumah GTV. 

Tayangan ini kerap memberikan cerita tersendiri bagi penonton di tanah air, terlebih kisah mereka kerap menjadi inspirasi banyak orang hingga saat ini. 

Jika kamu kerap menontonnya pada layar kaca, lantas seperti apa tayangan bedah rumah GTV dan bagaimanakah cara mendaftarnya? 

Untuk itu simak pembahasannya bersama-sama berikut ini. 

Bedah rumah GTV sudah ada sejak 2004 dan diprakarsai oleh Helmy Yahya 

Jauh sebelum adanya bedah rumah GTV sejak 2017 silam, acara bedah rumah sudah ada sejak 2004 silam dengan konsep dan tema yang sama di RCTI. 

Acara yang diprakarsai oleh Helmy Yahya ini merupakan salah satu tayangan yang sangat menarik dan menginspirasi pada zamannya.

Perlu diingat, acara ini merupakan salah satu masa kejayaan dari raja kuis Indonesia ini, selain kuis siapa berani, nikah gratis maupun uang kaget. 

Acara yang dikomandoi oleh Ratna Listy ini memiliki sasaran utama pada rumah-rumah dalam kondisi yang tidak layak huni. 

Tayangan bedah rumah RCTI pun juga sempat hiatus pada 2012 silam, lalu dialihkan oleh GTV pada 2017 dengan konsep yang lebih segar. 

Selama masa edarnya, konsep bedah rumah terus berubah dan berinovasi sebagai reality show dengan usia yang cukup tua. 

Pada episode-episode awal, Ratna Listy kerap mengunjungi sang target untuk membedah rumah dengan konsep blusukan. 

Namun, pada perjalanannya konsep tersebut pun berubah dengan mekanisme live in yakni hidup berdampingan langsung dengan calon penerima bedah rumah. 

Apabila mekanisme live in berjalan sesuai dengan rencana, talent nantinya akan melaporkan kepada tim bedah rumah mengenai hasil secara keseluruhan.

Berdasarkan hasil laporan tersebut, umumnya tidak hanya sekadar kondisi rumah saja namun juga faktor sosial yang terkait dengan taraf hidup manusia.

Saat ini, acara bedah rumah dikomandoi oleh Soraya Rasyid dengan jumlah lebih dari 637 episode. 

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah? Simak Syarat dan Caranya

Acara Bedah Rumah GTV salah satu sarana renovasi rumah dengan waktu tercepat hingga saat ini

Di tahap awal tayangan bedah rumah, Ratna Listy sebagai host terdahulu kerap mengemukakan jika proses bedah rumah hanya memakan waktu 12 jam.

Meski demikian, saat ini proses bedah rumah sudah tidak mematok waktu tersebut, namun waktu maksimal yang harus dikerjakan setidaknya 24 jam atau satu hari. 

Proses bedah rumah yang dikomandoi oleh Pak Rahmat ini akan mengarahkan perencanaan dan pembangunan rumah kembali secara normal. 

Umumnya, desain rumah yang dikehendaki oleh Pak Rahmat dirancang selayaknya hunian yang nyaman dan humanis bagi para penghuninya.  

Tak hanya dirancang selayaknya hunian yang nyaman, proses tahap awal hingga akhir rumah pun dirancang dengan baik tak hanya dari sisi luar tapi juga dalam rumah.

Selain menjadi bangunan layak huni, kondisi rumah jadi bagi penerima bedah rumah pun juga dirancang dalam bentuk fully furnished. 

Jadi, tak hanya bangunannya saja yang baru tapi juga semua peralatan dan perlengkapan rumah pun juga dalam kondisi baru. 

Selama masa proses bedah rumah, tuan rumah pun nantinya akan dijamu untuk jalan-jalan atau menginap di hotel sampai rumahnya selesai.

Pada tahap akhir, tuan rumah pun akan melihat proses unveiling rumah baru mereka yang disaksikan langsung oleh tetangga, kepala desa, maupun RT/RW setempat. 

Saat proses bedah rumah, ada satu yel-yel yang akan selalu terngiang di telingamu dengan bunyi sebagai berikut: 

“Mari Kita bekerja Bedah Rumah Mereka Jadikanlah Istana Buat Mereka Bahagia

Mari Kita Bekerja Bedah Rumah Mereka Jadikanlah Istana Bedah Rumah Mereka…”

Baca juga: Before After Renovasi Rumah Tua Terbengkalai Usia 30 Tahun. Bikin Melongo!

Bagaimana cara mendaftar Bedah Rumah GTV, atau mendaftarkannya untuk orang lain? 

Jika dulu, proses bedah rumah bentuknya adalah door to door, maka saat ini mekanismenya cenderung berbeda. 

Apabila kamu ingin mendaftarkannya untuk tetangga maupun saudara kamu, prosesnya cenderung mudah yakni kamu cukup mengirimkan email ke bedahrumah.gtv@mncgroup.com.

Dalam email tersebut kamu pun harus mencantumkan nama target, usia target, alamat target, profesi dan alasan kamu untuk merekomendasikan orang tersebut.

Untuk meyakinkan tim mereka, sangat diwajibkan untuk mencantumkan gambar rumah yang akan dibedah.

Selanjutnya, tim bedah rumah pun akan menyeleksi kandidat rumah yang akan dibedah dan mana saja calon target yang akan dipilih dan layak.

Apabila permohonan kamu disetujui oleh, tim dari GTV akan langsung menelpon kamu untuk proses survei dan juga syuting. 

Dapat disimpulkan jika, rumah yang layak huni merupakan impian semua orang, tak terkecuali untuk penerima bedah rumah. 

Untuk cari tahu informasi menarik seputar rumah, simak artikel.rumah123.com selengkapnya.

Bagikan:
14840 kali