Ilustrasi. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Saat mendesain rumah, kamar mandi biasanya tidak menjadi fokus utama. Akibatnya, ukuran kamar mandi biasanya jadi sangat minim. Ukuran yang mungil tersebut biasanya bertambah parah dengan desain yang asal-asalan.

Padahal, desain kamar mandi yang baik dan tertata, bikin kamar mandi jadi lebih mudah dibersihkan. Walaupun sempit, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati kamar mandimu.

Baca juga: Bikin Kamar Mandi Lebih Sehat, Yuk!

Kamar mandi yang sempit tentunya membuatmu tidak bisa seenaknya memasukan berbagai barang dan furnitur ke dalam kamar mandi. Untuk itu, sebaiknya kamu memilih lagi barang apa saja yang akan kamu masukkan ke dalam kamar mandi.

Kamu pun harus mempertimbangkan ukuran furnitur kamar mandi dengan ukuran kamar mandi. Pada kamar mandi berukuran pas-pasan, penggunaan shower gantung lebih disarankan ketimbang bathtub. Shower gantung tentunya tidak akan memakan banyak tempat.

Penggunaan bathtub sebenarnya tidak dilarang asalkan kamu mengorbankan ruang untuk furnitur lainnya. Artinya, kamu harus meminimalisasi penggunaan furnitur lainnya.

Baca juga: Bikin Kamar Mandi Tampil Baru Tanpa Perlu Renovasi? Bisa Kok!

Pada kamar mandi yang mungil pun, kamu masih bisa bermain dengan aksen dan ornamen. Salah satunya adalah memasang kabinet berukuran kecil di bawah wastafel. Kabinet ini dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan persediaan alat mandimu.

Untuk menaruh holder atau gantungan untuk handuk atau tempat sabun dan shampoo, kamu bisa menempelkannya pada dinding. Hal ini berguna karena akan menghemat ruangan.

Kamu juga bisa membuat cekung dan menempatkan keperluan mandimu di sana pada dinding agar lebih hemat tempat.

Baca juga: Mau Kamar Mandi Sehat? Pasang Sky Light!

Setelah mengatur interior kamar mandi sedemikian rupa, kamu pun harus tetap memperhatikan warna pada dinding kamar mandimu. Pilihlah cat tembok dengan warna putih atau biru air yang akan memberikan kesan bersih.

Kamu pun bisa menambahkan keramik pada dinding dengan warna dan motif yang selaras dengan warna cat untuk menambah kenyamanan. Nah, kini meskipun kecil, kamar mandimu tetap oke, bukan?

Bagikan:
3841 kali