OK

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog Secara Mudah dan Cepat. Wajib Tahu Ya!

18/07/2022 by Christantio Utama

Cara membedakan TV digital dan analog

Dalam beberapa waktu belakangan, banyak warga Tanah Air mencari tahu cara mengetahui TV digital atau analog di rumahnya.

Ini terkait dengan kebijakan pemerintah, khususnya Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) yang akan melakukan proses migrasi dari siaran TV analog ke TV digital pada tahun 2022 ini.

Dengan dilakukannya proses migrasi ini, diharapkan nantinya seluruh masyarakat Indonesia akan bisa menikmati siaran televisi secara lebih berkualitas dan jernih.

Namun sebagian warga di Indonesia masih belum mengetahui apakah siaran yang mereka nikmati sekarang ini sudah TV digital atau belum.

Sebab ada spesifikasi atau syarat tertentu yang harus dimiliki oleh kamu jika ingin menikmati siaran digital.

Yuk, langsung saja kita simak cara mengetahui TV digital atau analog yang mudah dan cepat berikut ini.

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog yang Mudah dan Cepat

cara mengetahui tv digital atau analog

Sumber: Pixabay

1. Cek Stiker pada Bagian Televisi

Cara mengetahui TV digital atau analog yang kamu miliki apakah mampu menangkap sinyal digital, dengan mengecek stiker di belakang layar.

Apabila terdapat stiker atau informasi yang bertuliskan DVB-T2, ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver.

Maka TV kamu dapat menangkap sinyal digital secara mandiri.

Namun perlu dicatat bahwa setiap produk dan merek televisi memiliki informasi dan tulisan tersendiri yang memastikan produknya dapat menangkap siaran digital.

2. Ketahui Spesifikasi Televisi Secara Lengkap

Selain melihat stiker yang ditempel pada televisi, kamu juga bisa cari tahu cara mengetahui TV digital atau analog di rumah berdasarkan spesifikasi TV. 

Penggunaan spesifikasi TV menunjukkan, apakah perangkat elektronik milik kamu mempunyai kemampuan untuk menangkap siaran digital secara lengkap.

Kamu bisa cari tahu tipe produk yang dimiliki, dan mencari informasi mengenai televisi tersebut di internet.

Umumnya pihak produsen televisi akan menginformasikan apakah televisi yang kamu miliki mendukung siaran TV digital atau tidak.

3. Melihat Daftar Channel TV yang Didapatkan

Cara mengetahui TV digital atau analog selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah langsung mengecek siaran yang ada di televisi.

Jika kamu mendapatkan siaran dengan tulisan HD di belakang atau depan stasiun TV, maka televisi kamu sudah mendukung siaran digital.

Sebab hanya siaran digital yang mampu menangkap siaran digital dengan kualitas HD.

Sebaliknya, kalau televisi kamu tidak menangkap siaran dengan nama HD di belakang stasiun televisi, maka kemungkinan televisi kamu belum mendukung siaran TV digital.

Selain dari televisi, penyebab TV kamu tidak mendapatkan siaran digital bisa berasal dari antena yang belum mendukung penerimaan sinyal digital.

Jadi pastikan semua perangkat memenuhi standar dan kriteria.

4. Kunjungi Website Kemkominfo

Sertifikasi Kominfo

Sumber : Https://Siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah televisi kamu dapat menangkap siaran digital adalah dengan mengunjungi laman Kemkominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi.

Pada laman tersebut, kamu bisa cari tahu cara mengetahui TV digital atau analog yang kamu miliki, untuk menangkap siaran digital.

Selain televisi, kamu juga dapat mengecek perangkat tambahan seperti dekoder TV yang mampu menangkap siaran digital secara baik.

Cara Memasang Antena TV

Cara memasang antena tv

Sumber: Promstall.ru

Berikut ini adalah cara memasang antena TV yang dapat kamu lakukan.

1. Pilih jenis antena yang sudah mendukung siaran TV digital.

2. Pastikan konektor antena sesuai kebutuhan.

3. Pasang penyangga kabel antena.

4. Hubungkan antara kabel dan konektor.

5. Pasang konektor ke TV.

6. Colokan ke TV.

Nah, itulah cara  mengetahui TV digital atau analog yang dapat kamu lakukan secara mudah dan cepat.

Semoga bermanfaat, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di River Valley Residence Jakarta Selatan.

Buka lembaran baru, wujudkan impianmu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama

Christantio Utama

Penulis Rumah123.com yang terus belajar tentang dunia Properti dan Keuangan.
Karena memiliki rumah adalah impian dan mencari uang adalah kewajiban.
Pecinta olahraga Badminton dan penonton setia kartun Digimon.