cara mengatasi wc jongkok mampet 2

Ada sejumlah cara mengatasi WC jongkok mampet, salah satunya menggunakan botol bekas. Sebelumnya, cari tahu dulu penyebab toilet macet.

WC (water closet) atau toilet yang mampet seringkali membuat siapa pun panik, terlebih lagi jika kotoran tidak berhasil terbuang ke dalam septic tank.

Hal tersebut tentu saja membuat aroma tidak sedap di dalam kloset. Apalagi WC menjadi bagian penting yang sering kali digunakan pemilik rumah.

Jika WC mampet, tentunya akan membuat aktivitas di dalam rumah pun tidak akan berjalan lancar. Kegiatan buang air pun akan terganggu.

Oleh karena itulah, mengapa cara mengatasi WC jongkok mampet adalah hal yang paling penting untuk segera diatasi.

Nah, berikut ada beberapa cara mengatasi WC mampet karena berbagai hal atau benda-benda lainnya.

Apa Penyebab WC Jongkok Mampet?

Baik WC jongkok atau pun WC duduk yang mampet, umumnya disebabkan oleh kebiasaan membuang benda asing ke dalam lubang kloset tersebut.

Sebelumnya, Rumah123.com pernah membahas 11 barang yang menjadi penyebab wc mampet, kebiasaan buruk membuang benda sembarangan.

Biasanya disebabkan oleh beberapa hal, misalnya saja sumbatan yang berasal dari sampah atau limbah kamar mandi.

Salah satu barang yang menjadi penyebab WC mampet adalah tisu, pembalut wanita, bahkan popok bayi.

Padahal, WC seharusnya hanya dikhususkan untuk membuang kotoran yang keluar dari tubuh manusia saja.

Hal inilah yang menyebabkan kotoran tidak terbuang ke septic tank dengan sempurna, alhasil menyebabkan bau tidak sedap ke seluruh bagian rumah.

4 Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet dengan Mudah

1. Hentikan Menyiram Banyak Air

Kebiasaan inilah yang paling sering dilakukan banyak orang, padahal air yang dituangkan terlalu banyak justru akan membuat semua kotoran yang ada di kloset naik.

Jadi, bisa kamu bayangkan bukan, jika hal tersebut terjadi? Kondisi ini juga dapat menimbulkan bau tidak sedap di dalam WC jongkok kamu.

2. Botol Bekas

Cara mengatasi WC jongkok mampet lainnya adalah menggunakan botol bekas. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

Pertama, siapkan botol plastik yang tidak terpakai lagi. Potong sekitar 10 cm di bagian dekat mulut botol.

Kemudian masukkan ujung botol yang telah di potong ke dalam lubang WC jongkok. Lalu, cobalah untuk menekan-nekan lubang toilet.

Hal ini bertujuan supaya penyebab WC jongkok yang mampet bisa terdorong masuk ke dalam septic tank, sehingga sumbatan dapat teratasi.

Selanjutnya, siram dengan air biasa untuk mengetahui apakah WC sudah tidak mampet atau sebaliknya. Lakukan secara berulang hingga WC tidak mampet lagi.

3. Garam

Garam adalah salah satu bumbu yang pasti ada di dapur kamu. Nah, garam menjadi salah satu cara mengatasi WC jongkok mampet.

Kamu dapat menggunakan garam dapur yang kasar, bisa juga garam ditambahkan sedikit baking soda, perhatikan takaran mencampur.

Kedua bahan tersebut kamu campur untuk mengatasi WC jongkok yang mampet. Baking soda dan garam pastinya ada di dapur rumah.

Campuran garam kasar dan baking soda adalah cara yang ampuh untuk mengatasi hal ini. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan air WC tidak penuh.

Selanjutnya, tuangkan garam sekitar 500 gram ke dalam lubang WC jongkok yang tersumbat. Kemudian, tambahkan sedikit baking soda.

Lalu siram dengan air panas yang mendidih. Setelah semua bahan dimasukkan, diamkan sekitar delapan jam.

4.  Alat Penyedot WC

Alat penyedot WC adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi WC mampet. Alat ini sangat mudah ditemukan di pasaran.

Umumnya, alat penyedot WC ini hadir dalam berbagai bentuk. Tetapi, pilihlah penyedot atau penghisap dengan bahan karet tebal.

Lakukan proses penyedotan dengan hati-hati. Jangan lupa untuk mengunakan sarung tangan karet dan masker sebagai pelindung.

Karena, proses ini biasanya akan mengakibatkan air menyebar ke segala arah. Oleh karena itulah kamu harus menggunakan pelindung diri.

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan, jangan pernah membuang apa pun ke dalam WC jongkok atau WC duduk.

Hal ini merupakan salah satu cara untuk menghindari adanya sumbatan pada toilet rumah kamu.

Wah, ternyata cara mengatasi WC jongkok mampet memang mudah ya. Kamu tidak perlu khawatir kalau hal ini terjadi di rumah.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Rotterdam Jababeka.

Bagikan:
412 kali