Ilustrasi seorang wanita sedang menderita diare - Rumah123.com Ilustrasi seorang wanita sedang menderita diare - Rumah123.com

Diare merupakan penyakit yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. BAB lebih dari tiga kali sehari, feses encer, kram perut, hingga kembung, kondisi tersebut merupakan tanda-tanda dari penyakit diare. Setiap orang dari usia berapa pun dan jenis kelamin apa pun bisa terkena penyakit ini. 

Penyebab diare yang paling sering terjadi

Diare disebabkan karena banyak hal, tapi yang paling sering terjadi, diare disebabkan karena beberapa hal berikut ini:

1. Infeksi bakteri. Biasanya karena makanan yang dikonsumsi tak higienis dan mengandung bakteri shigella, salmonella, dan escherichia coli

2. Mengonsumsi antibiotik. Antibiotik memang bisa membunuh bakteri jahat, namun juga bisa membunuh bakteri baik yang berfungsi untuk melindungi usus

3. Memiliki intoleransi makanan. Terjadi ketika tubuh tidak bisa mencerna jenis makanan tertentu. Makanan yang tidak bisa dicerna inilah yang menyebabkan diare.

Baca juga: Penderita GERD, Hindari 6 Makanan Pemicu Asam Lambung Naik Ini!

Bahaya diare yang perlu diperhatikan

Banyak orang yang meremehkan diare lantaran penyakit satu ini bisa sembuh dengan tanpa pengobatan intensif yang harus dilakukan. Namun bukan berarti diare tak perlu segera ditangani. Sebab, diare juga bisa menyebabkan kematian. Dilansir dari Viva.com, diakui oleh Spesialis Penyakit Dalam, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH, diare yang bisa menyebabkan kematian adalah diare yang menimbulkan komplikasi dehidrasi.

Baca juga: Siapa Sangka, Minum Air Ketumbar Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini

Cara mengatasi diare dalam semalam

Mengingat bahayanya yang tak bisa disepelekan, diare harus segera diatasi. Tak perlu menggunakan obat-obatan, kamu cukup menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Ini dia cara mengatasi diare dengan mudah dalam semalam:

1. Minum banyak cairan dan oralit

Gejala diare bisa membuat tubuh kehilangan cairan. Jangan sampai menderita dehidrasi akut karena bisa menyebabkan kematian. Untuk mengatasinya, konsumsi banyak cairan seperti air putih. Jika mau lebih efektif, konsumsi elektrolit atau cairan oralit yang bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut ini resepnya:

- Masukkan setengah sendok teh garam dapur dan 8 sendok teh gula pasir ke dalam teko

- Tambahkan 1 liter air matang atau 5 gelas air 

- Aduk sampai rata.

Perlu diingat, selain mengonsumsi air putih atau oralit, kamu juga harus menghindari minuman yang bisa mengiritasi saluran pencernaan. Misalnya seperti kopi, teh, soda, alkohol, minuman panas.

2. Makan makanan rendah serat

Makanan rendah serat bisa memberikan energi dan membantu memadatkan tinja.Perut pun jadi tak mudah mual karena pada umumnya, makanan rendah serat rasanya tawar. Makanan rendah serat yang bisa mengatasi diare antara lain berikut ini:

- Pisang

- Nasi (nasi merah atau nasi putih)

- Saus apel

- Roti tawar panggang (tanpa olesan)

- Kentang

- Selai kacang

- Daging ayam tanpa kulit

Setelah sembuh, kamu harus menghentikan mengubah pola makan menjadi kembali seperti biasa supaya nutrisi dalam tubuh kembali seimbang. 

3. Mengonsumsi jahe

Mengonsumsi jahe merupakan salah satu cara mengatasi diare secara alami yang paling ampuh. Hal ini disebabkan jahe punya sifat antibakteri yang bisa menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab diare. Jahe juga bisa mengurangi mual dan kram perut. 

4. Mengonsumsi teh chamomile

Menurut sebuah penelitian di India, teh chamomile bisa menjadi obat diare alami. Sebab, chamomile dapat membantu mengatasi kembung, sakit perut, dan mual akibat diare. Chamomile juga memiliki sifat anti radang yang berguna untuk menjaga usus agar tetap sehat sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan diare.

Bagikan:
7547 kali