OK

Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Puasa, Ingat Rumus 2-4-2 Agar Ibadah Tetap Lancar Setiap Hari

04/04/2022 by Dodiek Dwiwanto

cara mengatasi dehidrasi

Simak cara mengatasi dehidrasi saat puasa, ingat rumus 2-4-2 agar ibadan bisa berjalan lancar setiap hari. Biasakan minum air putih saat berbuka dan sahur.

Saat menjalani ibadah puasa Ramadan, tentunya kamu harus mengatur pola makan dan minum, Saat minum, kamu harus ingat rumus 2-4-2 supaya kamu tidak mengalami dehidrasi saat siang hari.

Kalau kamu berpuasa Ramadan di Indonesia, biasanya kamu akan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14,5 jam. Supaya kamu tidak mengalami kekurangan cairan, kamu harus mengatur pola minum.

Tentunya kamu masih ingat dengan pola atau rumus 2-4-2 kan? Ini artinya kamu minum dua gelas saat berbuka, minum empat gelas lagi menjelang tidur, dan minum dua gelas saat sahur. Ini artinya, kamu tetap minum delapan gelas air putih dalam sehari.

Hal ini harus kamu lakukan agar kamu tidak mengalami kekurangan cairan saat berpuasa. Saat puasa, biasanya orang lebih mengeluhkan haus ketimbang lapar kan?

Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Puasa

Seperti dikutip dari Koran Tempo, orang yang berpuasa sebaiknya minum banyak air putih. Bisa juga diselingi dengan susu atau jus buah.

Saat berbuka, kamu bisa minum minuman manis seperti teh manis, tetapi dalam jumlah secukupnya. Namun, kamu bisa menggantinya kekurangan gula akibat berpuasa dengan menyantap kurma atau buah-buahan.

Ketika sahur, kamu sebaiknya menghindari minuman seperti kopi dan teh. Mau tahu kenapa? Alasannya karena kedua minuman ini bersifat diuretik.

Usai minum kopi atau teh, biasanya orang akan lebih sering buang air kecil. Jika kamu tidak berpuasa, kamu bisa langsung minum air putih.

Tetapi, lain cerita ketika kamu berpuasa. Saat kamu lebih sering buang air kecil, kamu bisa berpotensi kehilangan cairan. Selain itu, kamu akan merasa lebih cepat haus.

Jadi ingat ya, biasakan minum air putih, jus, atau susu saat berbuka, sahur, atau menjelang tidur supaya kamu tidak mengalami dehidrasi atau merasa haus saat berpuasa Ramadan.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuatKamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan 99.co.


Tag: ,


Dodiek Dwiwanto

Dodiek Dwiwanto

Penulis sekaligus Editor Rumah123.com. Hobi menonton tayangan desain rumah dan gaya hidup di HGTV saat senggang.

Lagi mencari tahu dan belajar soal investasi saham properti dan crowdfunding. Siapa tahu jadi investor.