OK

Cara Mencegah Bangunan Roboh dan Penyebab yang Sering Terjadi

27/06/2022 by Reyhan Apriathama

cara-mencegah-bangunan-roboh1

Simak cara mencegah bangunan roboh yang berpotensi menimbulkan kerugian pada bangunan lainnya di wilayah terdekat. Cari tahu aturannya di sini selengkapnya!

Setiap bangunan baik bangunan gedung atau rumah masing-masing memiliki usia pakai atau nilai ekonomis tertentu.

Meski harga tanah terus naik, bangunan rumah dan gedung masing-masing memiliki nilai penyusutan karena berbagai faktor baik internal maupun eksternal.

Dengan adanya faktor tersebut, juga tidak semua orang memiliki kapasitas untuk melakukan revitalisasi bangunan bahkan ada juga yang dibiarkan dalam kondisi menunggu bom waktu.

Jika hal tersebut layaknya bom waktu, pastinya akan menimbulkan efek domino pada sebuah bangunan baik rumah tinggal maupun apartemen.

Pastinya, bangunan yang dibiarkan roboh akan menimbulkan kerugian materil bahkan bukan tak mungkin korban jiwa akibat kecerobohan sebuah pihak. 

Apabila hal tersebut terjadi, lantas seperti apa cara mencegah bangunan roboh yang perlu kamu ketahui? Simak pembahasannya bersama-sama!

Bangunan Punya Potensi Roboh Disebabkan Faktor Berikut Ini

Sebelum kamu mengetahui cara mencegah bangunan roboh, ada beberapa faktor yang menyebabkan bangunan berpotensi roboh antara lain: 

1. Desain Bangunan Sudah Condong Miring

potret menara saidah

Sumber: Republika.co,id

Apabila bangunan rumah, gedung dan lainnya sudah dirancang arsitekturnya dibuat secara miring, maka sejak perencanaan, pelaksanaan, pembangunan dan pengawasan harus sesuai standar teknis.

Tak hanya itu saja, faktor bangunan juga harus mengedepankan fungsi dengan pemanfaatan yang baik sesuai kajian teknis.

2. Kesalahan Pembuatan Bangunan 

bangunan roboh

Sumber: Tribunnews.com

Cara mencegah bangunan roboh tak serta merta karena bangunan miring, namun bisa saja ada kesalahan dari faktor konstruksi.

Maka hal ini menjadi tugas penyedia jasa bangunan atau manajemen konstruksi yang bertanggung jawab untuk melaporkan tahapan pekerjaan.

Pengawasan juga harus diserahkan oleh pemerintah daerah maupun pusat sesuai dengan prosedur dan kriteria untuk tahapan inspeksi.

Dalam hal ini, pembangunan harus menyesuaikan apakah gedung atau rumah tersebut layak dibangun, dan menjadi tanggung jawab dari pemilik gedung. 

3. Bencana Alam

gempa bumi

Faktor dukungan lain juga disebabkan oleh akibat faktor geologis yang tidak direncanakan, tak terkecuali bencana alam.

Cara mencegah bangunan roboh ini bisa dilakukan dengan kajian teknis mengenai kelayakan fungsi bangunan dan potensi untuk memanfaatkannya.

4. Usia Bangunan 

rumah tua

Setiap tahunnya, bangunan gedung akan mengalami pelapukan usia apabila dibiarkan maka cukup menunggu bom waktu untuk roboh secara alami.

Sebagai cara mencegah bangunan roboh, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah melakukan perawatan dan pemeliharaan, baik dari pengelola gedung.

Tak hanya faktor tersebut, kamu juga bisa melakukan renovasi dalam kurun waktu tertentu. 

Cara Mencegah Bangunan Roboh Menurut Undang-Undang 

Cara mencegah bangunan roboh

Sumber: Gettyimages.com

Sebagai tindakan preventif, ada beberapa cara mencegah bangunan roboh melalui ketentuan UU Bangunan Gedung serta tata pelaksanaannya melalui Peraturan Pemerintah No.16 tahun 2021 yang meliputi antara lain:

1. Setiap bangunan gedung maupun rumah susun harus memenuhi standar teknis bangunan gedung sesuai fungsi dan klasifikasi bangunan. 

2. Konstruksi dan pelaksanaan bangunan gedung dilaksanakan jika telah memiliki Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

3. Pemanfaatan Bangunan Gedung juga harus memiliki Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung (SLF).

4. Pengawasan dilakukan pada setiap tahap pembangunan gedung oleh penyedia jasa pengawasan atau manajemen konstruksi, serta menjadi kewenangan Pemerintah Pusat.

5. Akan ada sanksi administratif dan sanksi pidana bagi pelanggar ketentuan UU Bangunan Gedung.

Langkah Hukum dan Cara Mencegah Bangunan Roboh 

Gedung Dirobohkan dengan diledakkan

Sumber: Arafuru.com

Sebagai tindak pencegahan, cara mencegah bangunan roboh akan dibongkar terlebih dahulu apabila:

1. Menimbulkan bahaya dan berpotensi merusak bangunan gedung atau lingkungannya.

2. Tidak dapat diperbaiki, dan sudah tidak laik fungsi.

3. Persetujuan Bangunan Gedung tidak ada.

4. Pelaksanaan atau rencana teknis bangunan yang tercantum dan sudah disetujui ada ketidaksesuaian.

Pada Pasal 654 KUH Perdata ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui mengenai cara mencegah bangunan roboh antara lain: 

“Semua bangunan, pipa asap, tembok, pagar atau tanda perbatasan lainnya, yang karena tuanya atau karena sebab lain dikhawatirkan akan runtuh dan membahayakan pekarangan tetangga atau condong ke arah pekarangan itu harus dibongkar, dibangun kembali atau diperbaiki atas teguran pertama pemilik pekarangan tetangga itu.”

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang cara mencegah bangunan roboh supaya tidak merugikan banyak pihak, baik secara materil maupun immateril.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com. 

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama Cluster Mississippi Kota Wisata selengkapnya di Rumah123.com dan dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!