OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Cara Menabung untuk Beli Rumah Tanpa Kredit. Mudah Asalkan Konsisten!

21 Nopember 2022 · 5 min read Author: Tiara

beli rumah cash

Harga rumah dan properti terus meningkat tiap tahunnya! Maka itu, bila niat untuk memiliki rumah sudah terlintas di benak kamu, mulailah menabung. Selain mencari uang, menabung adalah hal yang tidak kalah pentingnya. Selain mencicil, kamu juga bisa melakukan cara menabung untuk beli rumah tanpa kredit ini. Yuk, simak selengkapnya!

Cara Menabung untuk Beli Rumah Tanpa Kredit

1. Lakukan Riset dan Tetapkan Target

Pertama-tama, mulailah dengan melakukan riset terlebih dahulu.

Apa saja yang perlu kamu riset? Pertama, kondisi finansial kamu.

Bagaimanapun, beban pengeluaran dan penghasilan tiap orang berbeda, kondisi finansialnya pasti juga berbeda.

Pelajarilah dulu berapa penghasilan, pengeluaran, dan berapa uang yang bisa kamu tabung tiap bulannya.

Selanjutnya, cari tahu juga rumah seperti apa yang kamu inginkan, berapa harganya, dan tetapkan target kapan kamu ingin mendapatkannya.

Dengan menetapkan target secara spesifik, barulah kamu bisa menentukan bagaimana cara menabung untuk membeli rumah secara cash yang cocok buat kamu.

2. Lakukan Perencanaan Keuangan

Salah satu cara menabung untuk beli rumah tanpa kredit adalah dengan membuat perencanaan keuangan yang terstruktur.

Apabila perencanaan keuanganmu baik, di mana kamu bisa mengumpulkan uang secara teratur, maka yakinlah bahwa kamu bisa membeli rumah secara tunai. 

Untuk cara ini, pertama-tama kamu harus memahami terlebih dulu kamu itu tipe orang seperti apa.

Jika kamu tipe yang berkomitmen kuat, menabung bulanan bisa jadi pilihan.

Namun jika kamu tipe yang sulit untuk berpegang pada rencana keuangan yang telah dibuat, menabung harian atau mingguan bisa jadi lebih cocok buat kamu.

Terdapat berbagai teori budgeting yang bisa kamu gunakan. Salah satu contohnya adalah teori 50/30/20 yang dipopulerkan oleh U.S. Sen. Elizabeth Warren melalui bukunya yang berjudul “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”.

Teori 50/30/20 adalah teori yang membagi pendapatan menjadi tiga bagian berdasarkan tujuan penggunaanya, yaitu 50% untuk kebutuhan pokok, 30% keinginan dan 20% untuk tabungan.

Teori ini juga bisa kamu modifikasi sesuai kebutuhan, misalnya dengan 30% untuk tabungan rumah dan 20% untuk keinginan, sementara sisanya untuk kebutuhan pokok.

Buat kamu yang memiliki gaji Rp5 juta per bulan dan ingin mengetahui bagaimana cara menabung untuk beli rumah dengan nominal tersebut, simak simulasi perencanaan keuangan berikut.

  • Anggaplah kamu memiliki gaji Rp5 juta per bulan.
  • Dengan menggunakan rumus sebelumnya, budget yang dapat kamu gunakan untuk kebutuhan pokok adalah 50% X Rp5 juta = Rp2,5 juta per bulan.
  • Sementara itu, budget untuk tabungan rumah adalah sebesar 30% X Rp5 juta = Rp1,5 juta
  • Sementara sisa 20%nya kamu gunakan untuk dana hiburan, yaitu 20% X 5 juta = Rp1 juta

Misalnya, kamu mengingkan rumah di Kawasan A dengan harga Rp200 Juta. Sementara, kamu bisa menabung Rp1,5 juta setiap bulan, maka dalam 12 tahun sudah terkumpul Rp216 juta.

Cukup? Tentu saja tidak, sebab, ada yang namanya inflasi.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia, rata-rata inflasi di Indonesia berkisar antara 4-6% tiap tahunnya.

Dalam hal ini, daya beli uang akan berkurang seiring waktu, sementara harga barang (termasuk rumah) akan meningkat.

Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan dana yang jauh lebih tinggi daripada harga rumah pada saat ini, salah satunya adalah dengan mencari penghasilan pasif.

3. Mencari Penghasilan Pasif

Penghasilan pasif adalah penghasilan yang bisa kamu dapatkan tanpa perlu terlibat secara aktif dalam kegiatan tertentu.

Istilah yang sering disebutkan orang-orang adalah “membuat uang bekerja untuk kamu”.

Beberapa contoh sumber pendapatan pasif adalah keuntungan dari sewa properti, bunga dari deposito, profit dari investasi saham, dan masih banyak lagi.

Bagaimanapun, waktu manusia terbatas, begitu pula dengan tenaga dan daya tahan seseorang.

Pendapatan pasif bisa menjadi salah satu cara yang kamu lakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus mengeluarkan tenaga sekeras bekerja di kantoran.

Namun tentunya, pastikan juga untuk memahami baik-baik jenis pendapatan pasif yang kamu pilih agar bisa memaksimalkan keuntungan yang kamu peroleh.

4. Berinvestasi dengan Tepat

Sebelumnya, sempat dibahas tentang investasi sebagai salah satu bentuk pendapatan pasif.

Kini, terdapat berbagai pilihan investasi, mulai dari reksa dana, saham, emas, hingga investasi crypto.

Belakangan ini, masyarakat Indonesia memang semakin tertarik untuk berinvestasi crypto.

Dilansir dari CNBC, menurut Kementerian Keuangan, jumlah investor crypto RI bahkan mencapai 15,1 juta orang per Juni 2022 dan melampaui investor pasar modal yang hanya berjumlah 9,1 juta pada periode yang sama.

Dilansir dari laman market Pintu, salah satu aset crypto, yaitu Bitcoin sebelumnya berada di angka Rp57,5 juta di awal Januari 2019.

Dalam rentang waktu 2 tahun, di awal Januari 2021, harga Bitcoin telah mencapai Rp506 juta atau mengalami peningkatan hingga hampir 1000%, hanya dalam rentang waktu 2 tahun.

Jika ketika itu kamu berinvestasi sebesar Rp57 juta saja, aset kamu akan bertumbuh nilainya menjadi Rp50 juta dalam rentang waktu 2 tahun saja, tanpa perlu melakukan apa-apa.

Namun tentunya sebagai catatan, simulasi tersebut hanyalah berdasarkan data historikal dan tidak mencerminkan performa aset tersebut ke depannya.

Dengan ratusan aset crypto yang ada di luar sana, pastikan bahwa kamu telah memahami dengan baik aset tersebut, baik melalui whitepaper serta analisis teknikal lainnya.

Terdapat berbagai exchange crypto di Indonesia, salah satunya adalah Pintu yang telah terdaftar resmi di Bappebti dan memungkinkan kamu untuk berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja.

Nah, itu dia beberapa tips dan cara menabung untuk membeli rumah tanpa kredit.

Semoga informasi mengenai cara menabung untuk beli rumah tanpa kredit ini bermanfaat ya!

Disclaimer:

*Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi menjadi tanggung jawab pembaca.

**Konten ini merupakan kolaborasi antara aplikasi crypto Pintu dan Rumah123.com


Tag: , , ,


Tiara

Content Manager

Content Manager 99 Group (Rumah123.com & 99.co Indonesia) - jurnalis/penulis/editor yang senang traveling
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA