pria bekerja menggunakan laptop

Perangkat laptop sudah menjadi kebutuhan utama bagi para pekerja kantoran, pelajar, hingga mahasiswa apalagi di masa WFH saat ini. Terlebih, laptop kini sudah menjadi perangkat yang multifungsi, artinya mempunyai fungsi lengkap baik untuk bekerja, belajar, dan hiburan lainnya.

Saat ini, sudah banyak laptop yang tersedia dipasaran. beragam laptop kelas entry-level hingga kelas premium bisa kamu temukan dengan mudah.

Selain itu, harga dan modelnya pun beragam dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan masing-masing.

Kamu bisa menggunakan laptop tersebut untuk berbagai kebutuhan.

Agar tidak binggung, dilansir dari laman ceklist.id berikut kami rangkum ulasan perihal tips cara memilih laptop yang bagus dan cocok digunakan sesuai kebutuhan dibawah ini.

Cara Memilih Laptop yang Bagus untuk Semua Kalangan

1. Memilih Laptop untuk Pelajar

Paertama kita akan awali dengan tips bagaimana cara memilih laptop untuk pelajar.

Umumnya pelajar biasanya memerlukan laptop untuk aktivitas harian ringan seperti mengetik, browsing dan presentasi saja, kamu bisa membeli laptop yang memiliki spesifikasi standar.

Saat ini banyak laptop yang cocok untuk pelajar yang bisa kamu miliki dijual dengan harga yang terjangkau.

Laptop untuk pelajar sebenarnya tidak memerlukan dukungan spesifikasi yang begitu berat karena aktivitas multitasking yang tergolong ringan saja.

Maka dari itu, dengan budget mulai Rp3 jutaan saja kamu bisa memilih laptop yang handal untuk pelajar dengan spesifikasi yang baik.

Hanya saja, saat memilih laptop terbaik untuk pelajar, kamu harus memperhatikan beberapa aspek salah satunya adalah dukungan baterai.

Baterai sangat penting diperhatikan agar kamu nyaman saat menggunakan perangkat ini di luar ruangan tanpa takut kehabisan daya baterai.

2. Memilih Laptop untuk Mahasiswa

Berikutnya adalah cara memilih laptop untuk mahasiswa.

Berbeda dengan memilih laptop untuk pelajar.

Langkah awal untuk menentukan laptop terbaik untuk mahasiswa adalah perhatikan jurusan yang hendak diambil.

Jika kamu ingin masuk ke jurusan bidang MIPA, maka kamu memerlukan laptop dengan dukungan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Sebagian besar mahasiswa juruan MIPA membutuhkan perangkat laptop untuk  pengolahan data statistik.

Oleh karena itu, mahasiswa di bidang ini tidak harus menggunakan laptop dengan dukungan spesifikasi yang tinggi.

Meskipun begitu, kamu harus memperhatikan beberapa tips saat memilih laptop agar mampu menunjang segala kebutuhan kamu dengan baik.

Perlu kamu ketahui ya, karena selalu dibawa ke kampus maka kamu bisa memilih laptop yang memiliki desain tipis dan ramping.

Selain memudahkan dalam penyimpanan juga mudah dibawa kemanapun tanpa perlu takut kehabisan ruang penyimpanan serta memiliki bobot ringan.

3. Memilih Laptop untuk Pekerja

Memilih laptop yang sesuai untuk pekerja tentu berbeda dengan laptop untuk pelajar maupun mahasiswa.

Bagi pekerja kantoran, laptop merupakan salah satu perangkat gadget penting yang tidak boleh dilewatkan.

Kamu bisa memilih beberapa merk laptop untuk pekerja yang kini banyak tersedia dipasaran dengan harga yang bisa kamu sesuaikan.

Keberadaanya sangat vital untuk menunjang segala aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan kantor seperti presentasi, pengelolaan dokumen, pembuatan software, perhitungan sales dan lain sebagainya.

Bisa dikatakan bahwa hampir semua jenis pekerjaan saat ini membutuhkan teknologi komputer untuk menanganinya.

Maka dari itu, kamu harus memilih laptop yang memiliki spesifikasi memadai agar tidak menyulitkan kamu sebagai pekerja kantoran.

Beberapa laptop yang cocok untuk pekerja kantoran adalah laptop yang memiliki dukungan spesifikasi tinggi mulai dari dukungan prosesor terkini, kapasitas RAM besar, hingga dukungan layar yang besar di atas 15 inci.

4. Memilih laptop untuk Desain Grafis

Selanjutnya adalah tips memilih laptop untuk keperluan desain grafis.

Bagi kamu yang merupakan seorang desainer grafis, pilihlah perangkat laptop yang handal dan juga awet digunakan agar lebih produktif saat bekerja.

Laptop untuk kebutuhan desain grafis memerlukan spesifikasi yang berbeda dengan lainnya.

Karena penggunaan laptop tersebut berbeda dari biasanya maka dukungan spesifikasi yang dimilikinya harus benar-benar mumpuni untuk melakukan pengolahan grafis baik gambar, video, maupun suara dengan prima.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat pemilihan laptop grafis adalah memiliki dukungan prosesor yang kuat, dukungan kapasitas RAM besar agar dapat membuka aplikasi secara bersamaan dengan lancar serta dukungan kartu grafis yang unggul.

Kartu grafis yang dipilih bukan built in, melainkan dedicated graphics card yang memiliki RAM sendiri agar performa semakin maksimal.

5. Memilih Laptop untuk Gaming

Sama seperti halnya laptop grafis, laptop untuk kebutuhan gaming juga memerlukan spesifikasi yang berbeda dari lainnya.

Karena aktivitas gaming tergolong kegiatan berat, maka perlu perangkat laptop yang memiliki dukungan spesifikasi memadai seperti sisi kinerja yang handal serta dukungan baterai yang awet agar nyaman saat menggunakannya.

Laptop untuk keperluan gaming memiliki harga yang tinggi.

Hal tersebut lantaran dukungan spesifikasi yang dimilikinya sangat baik dan dikhususkan untuk aktivitas gaming.

Beberapa aspek yang patut diperhatikan dalam pemilihannya terletak pada dukungan layar yang jernih dengan resolusi tinggi serta ukuran layar minimal 15 inci.

Selain itu, pastikan kapasitas RAM yang dimiliki longgar agar menunjang aktivitas multitasking dengan baik dan juga baterai awet.

Mengapa? agar kenyamanan saat bermain games selalu terjaga maka pastikan dukungan baterai laptop yang kamu pilih memadai karena laptop untuk gaming membutuhkan lebih banyak banyak daya dan terlalu boros.

6. Memilih Laptop Sesuai Budget

Terakhir adalah memilih laptop yang sesuai dengan bujet yang kita miliki. Ini adalah opsi terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan laptop yang cocok untuk kita. Salah satu produk laptop yang cukup populer dipasaran adalah laptop dengan harga 5 jutaan.

Laptop kelas menengah tersebut banyak tersedia dipasaran dan berasal dari beberapa brand ternama yang memiliki kualitas baik dan awet.

Kamu tidak perlu khawatir karena spesifikasi yang dibawanya mampu menunjang aktivitas harian dengan baik dan juga lancar.

Laptop kelas ini sangat cocok untuk beragam keperluan seperti mengerjakan tugas sekolah, menyelesaikan pekerjaan kantor hingga kebutuhan aktivitas bisnis online seperti mengolah data, perhitungan sales serta presentasi untuk mendukung tumbuh kembang bisnis kamu agar semakin maju.

Semoga ulasan ini bermanfaat untukmu, ya!

Jangan lupa, baca terus ulasan dari Berita 99.co Indonesia, baik itu seputar properti hingga gaya hidup!

Bagikan:
392 kali