spons cuci piring

Spons cuci piring merupakan salah satu jenis perlengkapan dapur kotor yang harus diperhatikan kebersihannya sehari-hari.

Pasalnya, peralatan dapur ini menjadi sesuatu yang sangat sensitif untuk memenuhi kebutuhan pembersihan perlengkapan di rumah.

Tak hanya membersihkan piring dan peralatan makan, spons cuci piring juga harus steril dan tetap higienis, sehingga kesehatan makanan pun tetap terjaga dengan baik.

Untuk diketahui, ternyata spons pencuci piring merupakan tempat berlabuh patogen berbahaya, ataupun virus dan mikroba dari telur mentah, daging, serta sayuran. 

Bukan tak mungkin sumber penyakit itu datangnya dari spons pencuci piring, sehingga kamu pun harus membersihkannya secara rutin.

Lantas, seperti apa cara membersihkan spons cuci piring? Simak pembahasannya bersama-sama!

Tips dan Trik membersihkan spons cuci piring dari berbagai jenis 

Spons cuci piring tidak hanya terdiri dari satu macam saja, melainkan juga terdiri atas berbagai macam sehingga perlu penanganan khusus supaya hasil pencucian dapur tetap dalam kondisi yang steril.

Kamu pun bisa memperhatikan beberapa langkah-langkah pencucian sebagai berikut : 

1. Spons cuci piring biasa 

Spons cuci piring biasa Sumber : Google

Penanganan membersihkan spons cuci piring biasa merupakan yang termudah untuk dilakukan oleh banyak orang sekalipun spons ini memiliki tekstur yang cenderung lembut.

Cara yang tepat untuk membersihkan spons cuci piring bisa kamu lakukan melalui beberapa pendekatan, mulai penggunaan air dingin, wadah tahan panas, dan microwave.

Setelah semua bahan lengkap, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membilas spons pencuci piring dengan air dingin. 

Hal ini bertujuan untuk mencuci keluar sisa-sisa makanan dan kotoran. Pastikan semua kotoran sisa makanan sudah tidak ada lagi pada spons. Kemudian, peras cairan dari spons.

Kemudian, isi wadah dengan ½ cangkir air dingin. Ingat, gunakan wadah yang tahan terhadap panas dan aman untuk dimasukkan ke dalam microwave. Kemudian, simpan spons pencuci piring dalam wadah berisi air tadi.

Setelah dibersihkan, tak ada salahnya jika kamu simpan spons tersebut di dalam microwave yang berfungsi untuk membunuh kotoran jahat. 

2.  Membersihkan Spons cuci piring kawat dengan perlengkapan alami 

Spons cuci piring kawat Sumber : Google

Langkah selanjutnya adalah membersihkan spons cuci piring kawat sebagai salah satu material yang sangat penting.

Penggunaan spons kawat umumnya digunakan untuk membersihkan perlengkapan dapur dengan tekstur kasar, khususnya panci maupun kerak-kerak yang membandel.

Meski demikian, proses pembersihan spons kawat harus diperhatikan secara mendalam terlebih materialnya tergolong bertekstur kasar. 

Supaya menjadi steril, ada beberapa jenis pendekatan yang bisa kamu lakukan yakni dengan cuka dapur maupun air lemon untuk menghilangkan bakteri pada spons. 

Kamu pun cukup merendamkan spons kawat tersebut selama lima menit, kemudian dibilas supaya lebih steril saat digunakan.

3.  Spons cuci piring lembaran wajib diganti secara berkala 

spon cuci piring lembar Sumber : Google

Meski spons bisa dibersihkan untuk membunuh kuman yang membandel sekalipun membahayakan terhadap kualitas peralatan dapur dan makanan, namun ada hal lain yang harus kamu tahu.

Pasalnya, selain membersihkan spons semata, ada baiknya jika kamu menggantikan spons tersebut secara berkala dengan interval waktu tertentu.

Penggantian spons bukan hanya menjaga kadar steril pada peralatan dapur saja, melainkan juga menjaga fungsi kebersihan peralatan ini secara maksimal.

Terkait dengan hal ini ada baiknya jika kamu melakukan penggantian spons setidaknya dalam beberapa waktu  tertentu, paling tidak diganti setiap satu bulan sekali. 

Dengan penggantian secara berkala, kebersihan alat dapur dan perlengkapan makan di rumah pun akan terjamin dengan baik. 

Itulah beberapa cara membersihkan spons yang perlu kamu ketahui dalam menjaga kebersihan selama di rumah.

Temukan inspirasi menarik seputar tips dan trik rumahan, selengkapnya di Rumah123

"Sedang mencari rumah baru? Kamu bisa pilih Golden Park Tangerang 3 selengkapnya."

Bagikan:
4049 kali