otomatis pompa air Sumber: Moedah.com

Cara memasang otomatis pompa air merupakan salah satu hal yang harus kamu ketahui lebih mendalam.

Pasalnya pompa otomatis seakan menjadi kebutuhan primer sehari-hari untuk konsumsi rumah tangga, sehingga sangat penting untuk diketahui.

Untuk diketahui, pompa air otomatis berfungsi untuk menyedot sumber air ke penampungan atau tandon pipa dan peralatannya.

Lantas, seperti apa proses pemasangan pompa air yang perlu kamu ketahui secara lanjut? Simak pembahasannya bersama-sama!

Jenis dan cara memasang otomatis pompa air yang wajib kamu ketahui

Sebelum kamu mengetahui proses dan cara memasang otomatis pompa air, pastikan kamu mengetahui jenisnya terlebih dahulu dengan beberapa pilihan sebagai berikut : 

1. Pada mesin pompa air jet pump sumur dalam, saklar otomatisnya menggunakan prinsip kerja tekanan air. 

Saat keran membuka, tekanan air dari sumber air akan menyala otomatis dan mendorong air masuk pipa. Sebaliknya jika keran tertutup, maka tekanan air melemah sehingga pompa air mati secara otomatis.

2. Pada sumur air dangkal (tidak disertakan pada mesin), otomatis saklar dapat dibuat sendiri pada tandon air dengan prinsip kerja volume air dan pelampung tandon.

Saat volume air tandon dalam keadaan kosong, pelampung turun ke bawah dan menarik saklar otomatis sehingga pompa air menyala. Saat air penuh, maka pelampung akan naik keatas dan melepas tarikan saklar hingga pompa mati.

Cara pasang otomatis pompa air melalui langkah berikut ini 

pompa air Sumber: Jakartapompa

Proses dan cara pasang otomatis pompa air untuk kedua jenis saklar tersebut secara umum hampir sama. Sebab, saklar otomatis dapat memutus untuk memutus kabel positif dari jalur utama ke pompa air.

Berikut langkah-langkah dan cara pasang otomatis pompa air terlengkap sebagai berikut : 

1. Langkah pertama adalah menyambungkan kabel listrik positif ke salah satu terminal saklar otomatis.

2. Selanjutnya, sambungkan terminal kabel saklar otomatis ke salah satu kabel pompa air. 

3. Pastikan untuk tidak lupa sambungkan pula kabel listrik negatif ke arah kabel pompa air sisi lainnya.

4. Sambungan kabel harus dibungkus dengan lakban atau isolasi khusus kabel untuk menghindari hubungan arus listrik positif dan negatif karena akan menyebabkan korsleting.

5. Jangan lupa juga, pastikan untuk memasang kabel grounding atau arde yang dipasang pada salah satu sekrup mesin pompa air menuju tanah.

6. Setelah otomatis pompa air terpasang dengan baik, buka salah satu keran sebelum memasang saklar. 

7. Jika pompa air tidak mau menyala, tutup kembali keran air sebagai cara memasang otomatis pompa air.

8. Apabila mesin telah berhasil menyala secara optimal, tutup kembali keran air setelah digunakan.

9. Komponen dalam pompa air listrik akan bekerja dengan tekanan air yang terdapat pada ruangan impeller oleh daya hisap pompa akan membuat platina otomatis terbuka memutus arus listrik saat keran air tertutup.

10. Sebaliknya, platina akan tertutup dan menyambung arus listrik ON saat keran dibuka. 

Saklar otomatis pada tandon 

Sedangkan, cara memasang otomatis pompa air pada tandon berfungsi untuk memutus arus listrik ke pompa air. Proses pemasangannya antara lain : 

1. Putus arus kabel positif ke pompa, kemudian sambungkan ke kabel baru masing-masing ujung kabel yang diputus dan isolasi sambungan tersebut.

2.  Masing-masing ujung kabel yang sudah tersambung tersebut ke terminal pada saklar tandon. Untuk jarak atau panjang kabel dapat disesuaikan dengan jarak antara pompa dan tendon air.

3.  Untuk sistem otomatisnya dengan cara pengaturan tertinggi rendahnya pelampung pada tandon hal ini juga dapat menentukan kapasitas air didalamnya.

Penyelesaian masalah dalam cara memasang pompa air yang kerap terjadi

pompa air Sumber: Servis Pompa Air

Cara memasang otomatis pompa air secara umum cukup simpel dan mudah, namun ada berbagai masalah yang kerap muncul.

Masalah yang muncul dalam cara memasang otomatis pompa air saat keran mesin tidak mati namun sudah ditutup dengan rapat dan mudah mati dalam rentang waktu yang cepat. 

Ada beberapa proses penyelesaian cara memasang otomatis pompa air sebagai berikut : 

1. Mesin pompa tidak bisa mati  

Ketika mesin pompa otomatis mati ketika keran air ditutup, penyebabnya adalah tekanan air pada ruang impeller kurang kuat untuk mendorong platina yang terlalu berat dan keras.

Sehingga, hubungan listrik tidak bisa ditutup dengan baik dan saklar perlu diubah ke arah yang ringan.

- Untuk model jet pump, setelan ini terdapat kepala mur besar. Putar mur perlahan-lahan ke kanan atau kiri hingga menemukan posisi tepat dan pompa OFF.

- Apabila jenis pompa berbentuk dangkal, setelan terdapat pada bagian lubang obeng minus yang terdapat tanda (+) dan (-) dengan memutar arah yang sama sampai pada posisi OFF.

Pastikan bahwa pompa hidup dan kran dalam keadaan tertutup dan pastikan cara memasang otomatis pompa air juga memperhatikan kebocoran pipa atau bagian lainnya.

2. Mesin pompa hidup mati 

Mesin pompa hidup mati (ON OFF) dalam waktu berdekatan saat kran dibuka secara penuh, setengah ataupun keran dalam keadaan tertutup.

Hal ini terjadi dengan dua kemungkinan, apabila kran tertutup namun masih menyala ON OFF secara terus menerus, tandanya setelan otomatis terlalu ringan atau terjadi kebocoran.

Proses penanganannya bisa dilakukan dengan penyetelan ulang otomatis. Setelan otomatis tidak bisa dilakukan apabila mesin dalam kondisi kosong tanpa daya hisap air apabila ada kebocoran mesin pompa.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebagai cara memasang otomatis pompa air dan penyelesaian masalahnya jika sering hidup dan mati secara manual.

Yuk, cari tahu tips menarik seputar rumahan selengkapnya di Rumah123.

"Berencana untuk cari rumah idaman? Ayo temukan jawabannya di Vida Bekasi."

Bagikan:
385 kali