cara melepaskan gigitan anjing- rumah123.com Anjing Jenis Belgian Malinois yang Menggigit Seorang Asisten Rumah Tangga Hingga Tewas di Cipayung, Jakarta Timur. Ada Sejumlah Cara Melepaskan Gigitan Anjing dan Juga Pertolongan Pertama Usai Digigit Anjing (Foto: Rumah123/Getty Images)

Seorang ART tewas usai digigit anjing majikannya. Sebenarnya bagaimana cara melepaskan gigitan anjing dan juga melakukan pertolongan pertama?

Yayan (35 tahun), seorang asisten rumah tangga meninggal dunia setelah diserang anjing milik majikannya di Cipayung, Jakarta Timur pada Jumat (30/8/2019).

Dia sempat meminta tolong, namun tetangga di sekitar rumah majikan tidak bisa masuk. Korban sempat dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tidak tertolong.

Baca juga: Pesepakbola Emiliano Sala Hilang di Laut, Anjing Peliharaannya Setia Menanti di Rumah

Situs berita online Detik.com melansir pernyataan Kepala Kepolisian Resor Jakarta Timur Komisaris Besar Polisi Ady Wibowo bahwa korban mengalami luka pada bagian leher, punggung, hingga dada.

Anjing yang menyerang Yayan berjenis Belgian Malinois dan merupakan hewan peliharaan milik Bima Aryo. Bima adalah presenter acara petualangan. Saat kejadian, Bima dan istrinya Rasyena Hikmayudi sedang melakukan bulan muda usai menikah.

Sebenarnya, warga sekitar sudah sering merasa terganggu dengan keberadaan anjing ini. Sebelumnya, sudah ada beberapa orang yang menjadi korban gigitan anjing tersebut.

Bagaimana Melepaskan Gigitan Anjing

Penyerangan anjing terhadap manusia memang sering terjadi. Orang juga takut dengan anjing lantaran ada anggapan bahwa anjing mudah menggigit manusia dan juga membawa virus rabies. By the way, kalau kamu bertemu anjing, biasanya lari bukan atau malah jongkok?

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan saat anjing menggigit kamu. Apa yang harus dilakukan dan pertolongan pertama seperti apa yang harus dilaksanakan. Kejadian di Cipayung bisa terjadi juga ketika kamu sedang bersantai di lingkungan sekitar rumah.

Laman berita online CNN Indonesia sempat mengutip pernyataan pencinta anjing Adri Prastowo bahwa ketika seseorang digigit anjing justru jangan memukul anjing itu. Pukulan atau teriakan yang ditujukan kepada anjing bisa dinilai sebagai wujud dukungan bagi mereka.

Baca juga: Ga Usah Khawatir Tinggalkan Rumah, Kamu Bisa Memiliki Robot Anjing Penjaga

“Kalau digigit jangan dipukul atau diteriaki, itu justru dianggap sebagai dukungan. Anjing yang menggigit harus menggunakan sebilah besi atau kayu dan dimasukkan ke dalam mulutnya untuk melepaskan gigitannya,” ujar Adri.

Sementara pelatih anjing dari BlackFace Club Kenny Rao menyatakan jika seorang digigit anjing, dia harus berupaya tidak panik dan tidak melawan. Tujuan dari tindakan ini adalah meminimalisasi robekan dari gigitan itu.

“Waktu digigit anjing usahakan tenang, jangan melawan karena perlawanan itu justru menambah luka robek terutama jika anjing itu melakukan gerakan shaking,” kata Kenny.

Baca juga: Wah, Kandang Anjing Ini Ternyata Kedap Suara Lho

Kenny memaparkan ada sebagian anjing yang menggigit sekali kemudian dilepaskan, namun ada juga anjing yang tidak mau melepaskan gigitan. Ketika hal ini terjadi, harus ada orang lain yang memberikan bantuan. Caranya dengan memisahkan mulut anjing dengan bagian tubuh yang digigit dengan menggunakan besi atau kayu.

Pertolongan Pertama Usai Digigit Anjing

Kenny menjelaskan pertolongan pertama setelah digigit anjing. Setelah gigitan anjing terlepas dan luka tidak terlalu parah, Kenny menyatakan korban gigitan bisa membilas luka dengan cairan alkohol dan mengobatinya dengan obat luka.

Sementara Adri menyatakan jika seseorang digigit anjing, maka luka gigitan harus dibasuh dengan alkohol. Setelah itu, korban harus dibawa ke rumah sakit jika luka gigitan cukup dalam dan parah.

“Langsung bilas dengan alkohol kemudian langsung ke rumah sakit dan untuk disuntik juga supaya mencegah terkena rabies,” kata Adri.

Suntikan rabies ini diperlukan lantaran anjing bisa membawa virus rabies. Korban harus mendapatkan suntikan rabies agar tidak terinfeksi.

Baca juga: Anjing Paris Hilton Tinggal di Rumah Dua Lantai, Beneran Lho!

Bagikan: 1342 kali