Foto: iStock Photo Foto: Rumah123/iStock

Beberapa waktu lalu, dua apartemen di Jakarta, Casa Domaine dan Neo Soho, kebakaran. Kita turut prihatin dan berduka atas musibah ini.

Mengingat apartemen memiliki jumlah lantai yang tak sedikit. Proses evakuasi bisa saja tak mudah, terutama lift tak bisa digunakan saat kebakaran.

Kalau kamu tinggal di apartemen, tak perlu panik bila ada musibah kebakaran. Perhatikan beberapa petunjuk untuk menghindari terjadinya kebakaran di apartemenmu.

Baca juga: Ini Dia Tips Mencegah Kebakaran Di Rumah

Hidran atau Tabung Pemadam

Alat ini perlu ditemukan atau dipasang sekitar apartemen yang kamu tinggali. Meskipun, tiap unit sudah dilengkapi dengan sprinkler.

Pendeteksi Asap

Pihak pengelola apartemen pastinya melengkapi tiap unit dan ruangan dengan alat pendeteksi asap. Alat ini berfungsi mendeteksi awal jika terjadi percikan api.

Ketika alarm berbunyi dan semprotan air menyala, segera hubungi pengelola atau petugas terkait untuk penanganan intensif.

Baca juga: Ingat Lho, Awasi Pemakaian Listrik Supaya Terhindar dari Kebakaran

Kenali Jalur Evakuasi

Kamu harus memperhatikan letak pintu dan tangga darurat untuk jalur evakuasi. Saat kebakaran terjadi, pastikan dirimu tetap tenang.

 Cek Instalasi Listrik

Secara berkala kamu memeriksa kondisi listrik di dalam unit untuk mencegah konrslet atau kabel yang aus. Segera ganti kabel jika sudah aus atau mengelupas.

Cek Kompor atau Tabung Gas

Cek juga kondisi kompor gas atau selang tabung gas. Jangan sampai ditemukan kebocoran yang berpotensi terjadinya ledakan.

Jangan Merokok Sembarangan

Hindari kebiasaan merokok sembarangan semisal di dalam apartemen. Pastikan puntung rokok yang menyala benar-benar mati dan jangan buang puntung sembarangan. Sebaiknya merokok pada area yang sudah disediakan khusus atau di balkon. (Wit)

Bagikan:
1529 kali