Kamu pelaku usaha atau punya perusahaan yang belum memiliki SIUP? Yuk simak cara daftar SIUP online yang mudah dan dijamin langsung kelar!

siup online

Dalam menjalankan bisnis secara legal di Indonesia, perusahaan atau pelaku usaha wajib memiliki SIUP.

Jika dulu banyak orang yang kerap mengeluhkan proses pembuatannya yang memakan waktu serta persyaratan yang bertele-tele, kini pemerintah sudah mempermudah dengan adanya sistem SIUP online

Tujuannya untuk memangkas jalur birokrasi yang rumit agar setiap pemilik usaha dapat melaksanakan kegiatan bisnis dengan nyaman sesuai dengan peraturan yang berlaku menurut hukum. 

Seperti apa cara daftar SIUP online serta berbagai syarat yang wajib dipersiapkan?

Ini dia panduan lengkapnya. 

Baca juga: Ini Cara dan Syarat Pindah KTP, yang Mau Ganti Alamat Wajib Tahu!

Apa Itu SIUP? 

Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP adalah dokumen resmi yang menjadi bukti legalitas suatu badan usaha untuk menjalankan aktivitas jual-beli, sewa beli, dan sewa-menyewa. 

Regulasinya sendiri tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor: 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Dagang. 

SIUP ini hukumnya wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha tanpa terkecuali yang telah masuk dalam salah satu dari ketiga kategori berikut:

- SIUP Kecil adalah surat izin usaha perdagangan yang mesti dimiliki pelaku usaha atau perusahaan yang mempunyai modal dan total kekayaan bersih (netto) hingga Rp 200 juta rupiah, di luar tanah dan bangunan tempat usaha.

- SIUP Menengah adalah surat izin usaha perdagangan yang mesti dimiliki pelaku usaha atau perusahaan yang mempunyai modal dan total kekayaan bersih (netto) lebih dari Rp200 juta – Rp500 juta, di luar tanah dan bangunan tempat usaha. 

- SIUP Besar adalah surat izin usaha perdagangan yang mesti dimiliki pelaku usaha atau perusahaan yang mempunyai modal dan total kekayaan bersih (netto) lebih dari Rp 500 juta, di luar tanah dan bangunan tempat usaha.

Golongan Pelaku Usaha yang Tidak Wajib Memiliki SIUP 

Pengecualian yang berlaku untuk kepemilikan SIUP bagi badan usaha yang menurut Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor: 36/M-DAG/PER/9/2007 meliputi: 

- Kantor cabang perusahaan atau kantor perwakilan perusahaan.

- Perusahaan kecil perorangan yang tidak berbentuk Badan Hukum atau Persekutuan, yang diurus, dijalankan atau dikelola sendiri oleh pemiliknya atau anggota keluarga atau kerabat terdekat.

- Pedagang kaki lima, pedagang pinggir jalan, pedagang asongan, atau pedagang keliling.

Cara Daftar SIUP Online Melalui Sistem OSS

Sistem Online Single Submission (OSS) hadir untuk memudahkan para pelaku usaha yang akan membuat SIUP online tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Perizinan maupun Kantor Dinas Perdagangan setempat. 

Syarat pertama yang harus dipersiapkan untuk mengurus SIUP adalah Nomor Izin Berusaha (NIB). 

NIB adalah nomor diterbitkan oleh OSS setelah pelaku usaha melakukan daftar SIUP online

Baca juga: Cara Membuat NPWP Online, Dijamin Anti Ribet dan Langsung Jadi

Langkah-langkah mendapatkan NIB untuk SIUP Online

Cara mendapatkan NIB sangatlah mudah, cukup dengan mendaftarkan diri lewat situs resmi OSS untuk membuat akun yang akan dipakai sebagai basis data yang dikirimkan ke pusat. 

Jangan lupa untuk mempersiapkan kelengkapan seperti:

- KTP atau paspor pelaku usaha

- Nomor telepon perusahaan atau pelaku usaha

- Alamat email perusahaan

Setelah itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah mendapat NIB berikut:

1. Akses laman www.oss.go.id dan klik tombol ‘Daftar’ di pojok kanan atas.

2. Lengkapi semua kolom di formulir registrasi yang berisi tentang informasi mengenai perusahaan dan identitas pelaku usaha. 

3. Lalu centang kotak ‘Syarat dan Ketentuan’ dan klik ‘Daftar’. 

4. Aktivasi akun lewat email yang dikirimkan sampai muncul notifikasi ‘Registrasi Berhasil’ untuk mengetahui username dan password yang akan digunakan untuk daftar SIUP online.  

5. Masuk kembali ke laman www.oss.go.id untuk login memakai akun yang baru saja selesai dibuat. 

6. Jika badan usaha merupakan non perseorangan, pilih ‘Perizinan Usaha’. 

7. Untuk jenis badan usaha lainnya seperti CV, koperasi atau perseorangan silakan melengkapi data di bagian ‘Perekaman Data Akta’. 

8. Kalau sudah lengkap tinggal pilih menu ‘Permohonan Berusaha’, kemudian klik ‘Pilih Akta’ yang akan memunculkan notifikasi Informasi Validasi KSWP & NPWP, tinggal lanjutkan dengan klik ‘Proses’. 

9. Pastikan kembali informasi perusahaan sudah benar dan sesuai dengan data yang ada, barulah selesaikan tahap daftar SIUP online dengan mengisi Form Permohonan yang terdiri dari lima bagian. 

10. Langkah terakhir adalah mencentang seluruh kotak perizinan yang diminta dan lakukan pengecekan sekali lagi. 

Nomor Izin Berusaha akan diproses dan tinggal tunggu sampai ada notifikasi selesai di email perusahaan. 

Cara membuat SIUP online tidak seriber yang kamu pikirkan, bukan? 

Dapatkan berbagai informasi terbaru hanya di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
3436 kali