OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Cara Bodoh Menghabiskan Uang, Mau Ikutan?

30 Nopember 2023 · 2 min read Author: Vriana Indriasari

Foto: Rumah123/iStock

Kebanyakan milenial yang belum memiliki hunian sendiri mengaku tidak mempunyai cukup uang untuk membayar down payment (DP). Yakin belum punya uang cukup untuk DP?

Kroscek deh, apa kamu sudah benar mengatur keuangan selama ini? Yakin kamu gak menghabiskan penghasilan bulanan dengan cara yang salah?

Baca juga: “Milenial Jangan Lama-Lama Tinggal di Rumah Orangtua!”

Tiga kesalahan mengatur keuangan ini sangat sering dilakukan. Meski sering dilakukan, sayangnya, kebanyakan mereka melakukannya tanpa kesadaran sepenuhnya. Melansir Time, ini adalah tiga cara bodoh di mana kamu ternyata menyia-nyiakan uang yang susah payah dikumpulkan.

Maniak Barang Baru

Kamu termasuk yang rela mengantre sejak jam 02.00 untuk sebuah ponsel baru? Mau sampai kapan lakukan itu? Akan selalu ada ponsel baru dari merek tersebut setiap tahunnya. Bahkan sangat mungkin merek tersebut merilis produk anyarnya dua kali dalam setahun.

Sadarkah kamu bahwa begitulah hukum pasar. Sebuah perusahaan akan bertahan selama mereka mampu menciptakan produk baru yang dinanti pasar.

Tidak hanya barang elektronik lho! Fenomena yang sama juga kerap terjadi di pasar otomotif. Ingat, nilai sebuah mobil turun 11 persen di saat kamu mulai mengendarainya. Semakin parah, karena nilai mobil turun 19 persen setiap tahunnya.

Tertarik Sale Meski Tak Butuh Produknya

Black Friday, Cyber Monday, Super Saturday, atau Free Shipping Day. Masih banyak banget milenial rela keluar berebut barang sale di momen-momen tersebut. Padahal, mereka belum tentu butuh barang-barang yang dibanderol dengan label “sale“.

“Tapi kan saya malah berhemat karena barang-barang ini dibeli dengan harga yang jauh lebih murah”. Ga sedikit dalih seperti itu kita dengar. Terlepas dari itu, coba pikir ulang, berapa banyak yang akan dihemat jika dompet kamu tak perlu kurangi isinya untuk belanja produk sale itu?

Baca juga: Rumah Tapak di Jakarta Tak Lagi Terjangkau 100 Persen Oleh Milenial?

Tidak Gunakan Loyalty Cards

Belanja bulanan sudah menjadi kegiatan rutin dari kebanyakan orang. Biasanya, belanja bulanan juga dilakukan di toko yang selalu sama. Supermarket besar biasanya menawarkan kartu member atau loyalty cards dengan keuntungan diskon.

Nah, berdalih tak ingin repot mengurusnya, kebanyakan orang tak memilih tak membuat kartu tersebut. Padahal, ini lumayan membantu mengurangi nilai pembelian kamu. Ingat, ini hanya untuk supermarket di mana kamu reguler belanja di tempat itu!


Tag: , , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA