Keberadaan kutu kasur atau yang bisa juga disebut tungau tak bisa diremehkan. Bukan hanya mengganggu kenyamanan saat tidur, kutu kasur juga membawa banyak penyakit.

Cara menghilangkan kutu kasur yang mengganggu dan berbahaya - Rumah123.com Cara menghilangkan kutu kasur yang mengganggu dan berbahaya (Rumah123.com/Getty Images)

Mulai dari penyakit kulit, hingga pernapasan. Apalagi, makhluk kecil ini memakan darah setiap lima hingga 10 hari dan bisa bertahan hidup hingga satu tahun tanpa makan. Satu tungau betina bisa menghasilkan hingga 500 telur. Sehingga semakin susah untuk betul-betul membasmi seluruhnya. 

Jika hal ini terjadi padamu, kamu mungkin akan stres dan buru-buru mengganti kasur. Tapi jangan panik dulu, sebab, Rumah123.com punya tips membunuh kutu kasur yang ampuh, dan beberapa tips untuk mencegah kemunculannya kembali.

Langkah 1: Periksa sumber datangnya kutu kasur

Pertama-tama mulailah dengan mengidentifikasi sumber datangnya kutu kasur. Periksa bantal, kasur, dan frame tempat tidur. Periksa juga furniture yang berada di kamar. Misalnya meja di sebelah kasur, lemari, atau jika ada sofa di kamar, periksa juga sofa dan bantal sofa tersebut. Apabila perburuan dilakukan pada malam hari, gunakan senter dan mikroskop untuk mempermudah kamu. 

Apa saja yang menandakan adanya kutu kasur?

- Noda seperti bekas karat pada seprai atau kasur menandakan bahwa ada pernah ada tungau yang hancur karena tergencet

- Noda hitam seperti bintik spidol menandakan tungau buang kotoran di atas kasur atau seprai

- Tungau hidup.

Setelah kamu mengetahui sumber datangnya tungau, maka segera rencanakan pembasmian tungau dengan cara-cara yang akan dijelaskan selanjutnya di artikel ini.

Baca juga: 5 Cara Mengusir Laron yang Beterbangan Masuk Ke Rumah

Langkah 2: Pembasmian kutu kasur

Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk membasmi tungau. Mulai dari yang menggunakan bahan kimia, hingga cara alami sekalipun. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan preferensimu. 

Jemur kasur

Cara paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menjemur kasur beserta bantal dan guling. Jemur di bawah sinar matahari langsung karena tungau rentan terhadap suhu tinggi. Namun pastikan ketika kamu hendak memindahkan kasur, jauhkan dari barang-barang lain yang ada di kamar agar kutu tak berpindah.

Semprotkan campuran minyak tanah dan kapur barus

Campurkan minyak tanah dan kapur barus ke dalam botol, lalu semprotkan ke area yang menjadi sarang tungau. 

Semprotkan insektisida

Gunakan obat pembasmi kutu dengan kadar racun yang tak terlampau keras. Semprotkan ke permukaan kasur dan lakukan secara berkala hingga masa telur tungau menetas datang. Hal ini dilakukan agar tak ada generasi baru tungau yang dapat berkembang.

Gunakan cairan cuka

Cuka bukan hanya bermanfaat sebagai bahan makanan, tapi juga untuk membasmi serangga yang mengganggu, salah satunya adalah tungau. Cukup semprotkan cairan cuka pada sarang tungau, dan tungau pun akan mati. 

Baca juga: 5 Cara Mengusir Nyamuk Tanpa Perlu Obat Pembasmi, Lebih Aman untuk Bayi!

Langkah 3: Mencegah kembalinya kehadiran kutu kasur 

Setelah sejumlah cara di atas berhasil dilakukan, maka kini saatnya untuk melakukan pencegahan agar tungau tak kembali hadir. Berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan:

- Cuci dan keringkan pakaian kotor pada suhu tinggi

- Lepaskan pakaian yang digunakan untuk bepergian langsung ke mesin cuci

- Beri jarak tempat tidur dari dinding

Bagikan: 3343 kali