OK

Canggih Banget, Akan Ada Tol Bawah Laut di Ibu Kota Negara

05/08/2022 by Reyhan Apriathama

tol bawah laut ikn

Jalan tol bawah laut Ibu Kota Negara akan jadi salah satu mahakarya infrastruktur Indonesia. Simak selengkapnya di sini!

Pembangunan Ibu Kota Negara sudah dimulai secara bertahap, mengingat ditargetkan akan rampung di tahap pertama pada 16 Agustus 2024 mendatang.

Oleh sebab itu, pembangunan konstruksi sudah mulai dikebut selama beberapa tahun mendatang.

Tak hanya itu saja, beberapa media juga telah memperlihatkan pembangunan IKN Nusantara

Bukan hanya kota dengan sistem smart city saja yang ramai dibahas, Ibu Kota Negara baru ini juga memiliki infrastruktur transportasi masa depan.

Salah satu transportasi penting adalah kereta gantung untuk aktivitas masyarakat sehari-hari.

Selain kereta gantung, infrastruktur transportasi menarik lainnya adalah keberadaan tol bawah laut di Ibu Kota Negara yang dalam bentuk terowongan. 

Lantas, apa saja yang perlu kamu ketahui mengenai tol bawah laut di Ibu Kota Negara? Simak pembahasannya bersama-sama!

Proses Pembangunan Tol Bawah Laut di Ibu Kota Negara

Jalan tol bawah Laut Ibu Kota Negara Jalanan

Sumber: YouTube/POIND

Untuk diketahui, proses pembangunan tol bawah laut di Ibu Kota Negara ini masih dalam studi kelayakan, kemudian akan dibangun pada 2023 mendatang dan beroperasi di tahun 2027.

Tol bawah laut ini nantinya akan menghubungkan Ibu Kota Negara dengan kota Balikpapan dan Samarinda sepanjang 1 sampai 2 kilometer dengan kedalaman 327 meter di bawah permukaan laut.

Secara garis besar, jalan tol bawah laut ini sebenarnya dinamakan immerse tunnel dimana terowongan tersebut ditenggelamkan ke dalam sungai sehingga kendaraan bisa melintas di dalamnya. 

Proses pembangunan tol ini akan dimulai dari Balikpapan menuju Manggar pada Km 10, menyusuri Teluk Balikpapan ke Penajam Paser Utara lalu masuk ke Ibu Kota Negara.

Alasan Pembangunan Tol Bawah Laut di Ibu Kota Negara 

Jalan tol bawah Laut Ibu Kota Negara

Sumber: YouTube/POIND

Bukan tanpa alasan, pasalnya pembangunan tol bawah laut di Ibu Kota Negara ini juga memperhatikan aspek lingkungan sehingga segalanya diperhitungkan dengan matang.

Pembangunan tol bawah laut ini bertujuan untuk menjaga keberadaan flora dan fauna setempat di Teluk Balikpapan sesuai dengan prinsip forest city.

Sebab, pada wilayah immerse tunnel tersebut merupakan habitat dari Bekantan yang notabene merupakan satwa dilindungi. 

Selain menjaga kelestarian flora dan fauna, Kementerian PUPR juga tidak akan membangun jembatan fisik karena pastinya akan mengubah morfologi lingkungan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang keberadaan tol bawah laut di Ibu Kota Negara.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com dan link berikut ini untuk informasi lengkap mengenai IKN di sini. 

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama Cluster Mississippi Kota Wisata selengkapnya di Rumah123.com dan dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!