Foto: Rumah123/Getty
 

Waktu lajang nunda-nunda beli rumah, sekarang setelah berkeluarga susah banget punya rumah. Budget ga cukup, dah gitu galau bayar cicilannya, apakah mampu dengan pendapatan yang cuma segitu. Ah, sekarang paksain aja beli rumah, nekat aja! Kalau ga, sampai kapan bisa punya rumah?

Kalau kamu keluarga muda, ga usah galau atau ragu, pake aja tips berikut ini untuk beli rumah:

Cermati Lokasinya 

Pertimbangkan lokasi rumah yang bakal kamu beli. Terlebih jika kamu dan pasangan bekerja di Jakarta. Sebab, lokasi berkonsekuensi terhadap cicilan rumah yang harus kamu bayar. Cicilan rumah yang terjangkau biasanya lokasinya di pinggiran kota. Konsekuensinya, biaya transportasi jadi tinggi. Tapi, hal ini bisa kamu siasati dengan menggunakan transportasi umum yang tarifnya terjangkau, semisal menggunakan commuter line (KRL).

Baca juga: Bidik Keluarga Muda, Damoci Tawarkan Hunian Terjangkau

Beli Rumah di Luar Jakarta

Harga properti di Jakarta saat ini boleh dibilang ga terjangkau lagi oleh keluarga muda, jadi pilih aja rumah yang berlokasi di kawaan Bodetabek. Dengan begitu, harga rumah bisa terjangkau dan cicilannya pun ga terlalu memberatkan.

Agar pos pengeluaran untuk transportasi ga membengkak, cari rumah yang berdekatan dengan sarana transportasi massal yang murah, semisal dekat stasiun KRL, LRT, MRT.

Beli Hunian Vertikal yang Harganya Terjangkau

Kalau harga rumah ga terjangkau oleh kantongmu, kamu harus rela tinggal di hunian yang luasnya ga terlalu besar, semisal di Rusunami. Tipe terkecilnya, unit studio luasnya sekitar 21-24 meter persegi (m2). Sedangkan tipe 1 kamar tidur sekitar 36 m2, dan tipe 2 kamar tidur sekitar 45 m2. Harganya berkisar antara Rp200-400 juta.

Baca juga: 6 Hal Penting untuk Hunian Keluarga Muda, Simak Yuk!

Tertib Mengalokasikan Pendapatan 

Buat keluarga muda, supaya cicilan rumah ga terasa berat caranya dengan menggabungkan pendapatan suami dan istri. Sebanyak 30% dilakokasikan untuk cicilan rumah, sisanya untuk kebutuhan sehari-hari keluarga, Pendidikan, kesehatan, dan lain-lain

Bukan yang Ideal, Tapi yang Sesuai Budget!

Kalau alokasi pendapatan sudah ada, ya cari rumah yang sesuai. Jangan beli rumah yang ideal dulu, semisal kamu pengen rumah 2 lantai yang luas tanahnya 150 m2. Yang penting tuh, beli rumah yang sesuai budget!

Bagikan: 1108 kali