Partisi ruangan bisa menjadi solusi pembatas antar ruang yang lebih praktis, dibandingkan dinding.

Dalam sebuah rumah, biasanya kehadiran dinding berfungsi sebagai pembatas antar ruang. Namun dalam rumah sempit, banyaknya dinding justru bisa membuat rumah terasa sesak. Maka dari itu, gak jarang si pemilik rumah akan menghilangkan sekat, dan menyatukan dua fungsi ruangan sekaligus, seperti konsep open space.

Meskipun konsep open space tersebut mampu membuat rumah tampak lebih luas, ruangan yang terbuka lebar juga bisa mengurangi privasi. Partisi ruangan, adalah solusi tepat untuk kamu yang menginginkan privasi dalam sebuah rumah sempit.

Tapi tentu saja, supaya partisi ruangan tersebut tidak menghilangkan estetika rumah, kamu harus memilih jenis yang tepat dan sesuai dengan rumahmu. Berikut, Rumah123.com berikan inspirasi untukmu!

Baca juga: 7 Gambar Mushola Minimalis Dalam Rumah yang Bikin Pengen Sering Ibadah

Partisi ruangan kayu ala rumah Jepang

Apabila rumahmu didominasi dengan elemen kayu, partisi ala Jepang ini bisa kamu ikuti. Supaya tidak terkesan penuh, sisakan ruang kosong di sisi kanan dan kiri partisi.

Partisi geser untuk membatasi kasur dan meja kerja pada ruang tidur

Ketika meja kerja diletakkan dekat dengan kasur, bisa-bisa kamu malah gak fokus bekerja. Tapi jika ruangan terbatas, kamu bisa mengakalinya dengan memberikan sekat di antara meja kerja dan kasur. Partisi geser seperti di atas adalah pilihan yang tepat, karena kehadirannya gak akan memakan banyak tempat!

Partisi sebagai pengganti pintu

partisi ruangan - rumah123.com

Partisi juga bisa dijadikan pengganti pintu loh, misalnya seperti gambar di atas. Tidak ada pintu menuju ruang tidur, melainkan hanya sekat yang dilubangi di tengah menyerupai pintu. Partisi pun dibuat fungsional, sebagai tempat untuk menyimpan pajangan.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Tangga yang Gak Gitu-Gitu Aja!

Partisi penuh fungsi

Walaupun terlihat sederhana, partisi di atas memiliki banyak fungsi. Bukan hanya sebagai tempat pajangan, kamu juga bisa menyimpan sejumlah barang di bagian paling bawah.

Partisi besi seperti ini belum banyak digunakan orang loh! Cocok untuk kamu si anti mainstream. 

Bosan dengan desain partisi ruangan yang begitu-gitu aja? Desain di atas bisa kamu jadikan inspirasi. Besi-besi vertikal dengan sedikit ornamen kayu di atasnya gak boros tempat.

Jadikan display tanaman sebagai pembatas ruangan

Kamu si pecinta tanaman pasti suka dengan desain partisi seperti ini. Selain berfungsi sebagai pembatas ruangan, adanya tanaman rambat asli juga bisa mempercantik rumahmu.

Desain partisi yang gak gitu-gitu aja

Unik sekali kan desain partisi di atas? Daripada berbentuk kotak, desain partisi diagonal seperti ini juga bisa jadi pilihan.

Partisi ruangan mana yang kira-kira cocok untuk rumah kecilmu? Yang manapun itu, semoga kamu terinspirasi ya! Temukan inspirasi lainnya mengenai rumah, hanya di Rumah123.com!

Bagikan: 849 kali