Perusahaan Jepang, Muji dan Perusahaan Finlandia, Sensible 4 Berkolaborasi Membuat Bus Tanpa Sopir yang Tahan Segala Cuaca (Foto: Rumah123/Dezeen)

Dua perusahaan, Muji dan Sensible 4 berkolaborasi untuk mendesain bus tanpa sopir yang dapat tahan terhadap semua kondisi cuaca. Bus ini akan beroperasi di tiga kota di Finlandia pada 2020.

Muji merupakan perusahaan ritel asal Jepang, sementara Sensible adalah korporasi teknologi asal Finlandia. Sedangkan nama bus yang didesain bernama Gacha yang direncanakan beroperasi di kota Espoo, Vantaa, dan Hameenlinna.

“Cuaca memainkan peranan penting dalam menembus pasar bus tanpa sopir atau taksi robot,” ujar juru bicara Muji dan Sensible 4 kepada Deezen.

Baca juga: Wah, Ada Bus Sekolah Bertenaga Listrik Tanpa Supir

“Hujan lebat, kabut, dan salju akan menghalangi kendaraan tanpa sopir saat menempuh perjalanan. Apalagi kebanyakan kendaraan dengan teknologi serupa diuji coba dan dikembangkan dalam kondisi iklim hangat,” lanjutnya.

Sensible 4 akan diuji coba dalam kondisi iklim Kutub Utara yang dingin dan ekstrem. Finlandia memang tidak jauh dari Kutub Utara.

Sensible 4 mengembangkan algoritma, artificial intelligence, dan kemampuan deteksi sensor yang dibutuhkan untuk menemukan teknologi kendaraan tanpa sopir yang sesuai. Sementara Muji merancang kendaraan dengan desain minimalis.

Baca juga:  Di Jerman Sudah Ada Bus Tanpa Sopir, Kalau di Indonesia Kapan Ya?

Muji mendesain bus ini terlihat begitu ramah. Kendaraan ini memiliki warna monokrom, bentuk kotak, dan tidak ada perbedaan antara belakang dan depan.

Jerman dan Amerika Serikat sudah menguji coba bus tanpa sopir. Saat ini, tren kendaraan tanpa sopir dan bertenaga listrik yang ramah lingkungan.

Hmm, kalau di Indonesia, perancang busnya harus mendesain algoritma khusus ya. Masalahnya bukan cuaca, tetapi karena banyaknya motor alias ojek online.

Baca juga:  Mobil Listrik Tanpa Sopir Jadi Kendaraan Masa Depan, Rumah Masa Depannya Mana?

Bagikan: 407 kali