ilustrasi genteng aspal Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Hujan turun? Dan kamu was-was takut ada yang bocor? Ya, itu biasa deh. Siapa sih yang nggak khawatir kalau musim hujan datang.

Sebenarnya kamu nggak perlu dag-dig-dug kok kalau kamu rajin untuk mengecek kondisi atap kamu secara berkala.

Saat mengecek, kamu akan menemukan genteng yang bergeser, retak, pecah, dan lainnya. Nah, kamu bisa mengambil tindakan dengan menggantinya.

Sebagai bentuk pencegahan, kamu bisa kok melapisi genteng dengan cat waterproof atau cat anti bocor agar tidak ada rembesan air yang masuk ke plafon rumah.

Jangan lupa juga lho kalau kamu memiliki pohon yang daunnya rindang, kamu harus rajin untuk memerhatikan apakah dahan mengenai genteng atau tidak.

Baca juga: Siapa Bilang Renovasi Rumah Saat Musim Hujan Nggak Bisa?

Selain itu, kamu juga mesti membersihkan sampah dan dedaunan yang bisa saja menumpuk di atas genteng. Saat hujan turun, bisa saja sampah dan daun-daun itu hanyut terbawa air hujan, namun kemudian malah nyangkut di saluran air.

Kamu juga harus mengecek atap rumah secara keseluruhan lantaran tidak semua atap rumah tidak tertutupi oleh genteng. Mungkin ada beberapa bagian atap rumah kamu yang berupa dak yang dicor, ditutup fiberglass, dan lainnya.

Kamu harus mengecek apakah ada yang merembes, bagian fiberglass yang bocor. Hal ini mesti dilakukan berkala agar saat turun hujan, kamu tidak panik lantaran rumah bocor di mana-mana.

Bagikan:
977 kali