burj khalifa- rumah123.com Gedung Tertinggi di Dunia Burj Khalifa Menampilkan Bendera Indonesia Merah Putih Pada Fasad Bangunan. Burj Khalifa Berada di Dubai, Uni Emirat Arab (Foto: Rumah123/Getty Images)

Dua gedung di Uni Emirat Arab, Burj Khalifa dan Adnoc Tower ikut memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesai dengan menampilkan bendera Merah Putih pada eksterior bangunan.

Tidak hanya bangsa Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada Sabtu, 17 Agustus 2019, tetapi juga negara lain. Indonesia baru saja merayakan kemerdekaan yang ke-74.

Situs berita online Uni Emirat Arab Khaleejtimes.com melansir bahwa masyarakat Indonesia yang tinggal di Uni Emirat Arab ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia di Konsulat Jenderal di Dubai.

Baca juga: Satu Gedung dengan Tiga Waktu Berbuka Puasa yang Berbeda

Uni Emirat Arab beribu kota di Abu Dabi. Negara kecil ini terdiri dari tujuh kesultanaan atau emir. Negara ini memiliki 9,2 juta penduduk, sebanyak 7,8 juta di antaranya merupakan ekspatriat.

“Hari ini menandai perayaan hari kemerdekaan yang ke-74, proklamasi kemerdekaan pada 1945. Atas nama pemerintah Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh bangsa Indonesia atas semangat dan optimisme dalam pembangunan progresif dan dinamis untuk negara tercinta,” ujar Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Dubai, Ridwan Hassan kepada Khaleej Times.

“Bagi semua orang Indonesia yang tinggal di Uni Emirat Arab, selamat hari kemerdekaan. Setiap orang dan semuanya memiliki peran penting dalam pembangunan,” lanjut Ridwan.

Baca juga: China Bakal Miliki Gedung Tertinggi Ketiga di Dunia, Tingginya 5 Kali Monas

“Kami mengucapkan yang terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia dan kami percaya kalau hubungan persahabatan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab akan semakin kuat dalam keharmonisan,” katanya lagi.

Khaleej Times memperkirakan ada 100.000 orang Indonesia yang tinggal dan bekerja di Uni Emirat Arab. Sebanyak 52.000 orang di antaranya berada di Dubai dan Uni Emirat Arab bagian Utara.

Dalam ikut memeriahkan kemerdekaan Indonesia, dua gedung yaitu Burj Khalifa dan Adnoc Tower di Abu Dhabi mengubah warna fasad atau eksterior bangunan dengan warna bendara Merah Putih.

Burj Khalifa, Gedung Tertinggi di Dunia

Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi di dunia dengan tinggi mencapai 828 meter. Hmm, bandingkan dengan Monumen Nasional atau Monas yang tingginya hanya 134 meter.

Jadi kira-kira, tinggi Burj Khalifa ini enam kali tinggi Monas. Wah, pasti tidak membayangkan berapa cepat lift yang digunakan untuk mencapai puncak tertinggi.

Sekedar informasi, lantaran terlalu tinggi, gedung ini memiliki waktu berbuka puasa yang berbeda. Ada tiga waktu buka puasa yang berbeda.

Biro arsitek asal Amerika Serikat, Skidmore Owings & Merrill (SOM) mendesain Burj Khalifa. Firma ini memang dikenal spesialisasi mendesain bangunan tinggi.

Bangunan ini merupakan mixed use yang terdiri dari hotel mewah, apartemen mewah, dan juga restoran. Jumlah lantainya mencapai 154 lantai plus sembilan lantai untuk perawatan.

Pembangunan Burj Khalifa dimulai pada Januari 2004 dan selesai pada Oktober 2009. Burj Khalifa resmi dibuka pada Januari 2010.

Adnoc Tower, Kantor Pusat Perusahaan Minyak Uni Emirat Arab

Adnoc merupakan Abu Dhabi National Oil Company. Kalau di Indonesia, sama saja dengan Pertamina. Adnoc merupakan perusahaan minyak dengan kapasitas produksi nomor 12 di dunia.

Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Adnoc Tower. Kantor ini memiliki tinggi 342 meter dengan jumlah lantai mencapai 76. Gedung ini diklaim ramah lingkungan dan punya fasad ganda.

Baca juga: Menara Pencakar Langit Terbaru di Dubai Ini Tingginya 4 Kali Monas, Tinggi Banget Ya

Bagikan: 2178 kali