Pernah mendengar Marie Kondo atau KonMari? Ia merupakan seorang wanita asal Jepang yang dijuluki sebagai “The tidiest woman in the world”.

Saking populernya, nama Marie Kondo sudah masuk ke dalam Time Magazine, The New York Times, The Wall Street Journal, Vogue Magazines, The Ellen Show, dan masih banyak lagi. Siapa sih sebenarnya wanita satu ini, dan mengapa ia bisa sefenomenal itu?

Baca juga: Tips Rumah Sehat: 8 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan Sekarang Juga

Tak kenal maka tak sayang, kenalan dulu yuk dengan Marie Kondo

marie kondo - rumah123.com

Marie Kondo atau yang biasa dipanggil KonMari, merupakan wanita asal Jepang yang mengembangkan sebuah metode merapikan rumah. Sejak kecil, ia mencintai pekerjaan bersih-bersih rumah. Ia pun mendalami teknik decuttlering (seni beres-beres), sehingga menjadi konsultan berbenah profesional di Jepang.

Tak hanya itu, ia juga menulis buku tentang metode berbenahnya. Salah satu judul bukunya, The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing telah terjual lebih dari 5 juta kopi di seluruh dunia. Sebenarnya, nama Marie Kondo sudah melambung sejak 2015, ketika ia dinobatkan sebagai salah satu 100 Most Influential People of 2015 oleh majalah Time.

Namun belakangan, layanan video streaming Netflix, membuat acara Tidying Up with Marie Kondo, di mana penonton di rumah diperlihatkan proses KonMari merapikan rumah.

Metode berbenah ala KonMari

marie kondo - rumah123.com

KonMari memiliki beberapa metode dalam berbenah. Dari sekian banyak metode, inilah yang populer:

Simpan barang yang membawa kebahagiaan

“Does this spark joy?” Kalimat khas KonMari satu ini sangat populer di media sosial. KonMari menyarankan kita untuk menyentuh setiap barang dan menanyakan hal tersebut kepada diri sendiri. Apabila jawabannya iya, maka pertahankanlah barang tersebut. Jika sebaliknya, maka singkirkanlah.

Rapikan rumah sesuai kategori

KonMari sangat teliti terhadap urutan barang yang akan dirapikannya. Alih-alih merapikan barang dari setiap ruangan, ia justru menganjurkan kita untuk memulainya dari pakaian, lalu beralih ke buku, kertas, hingga barang-barang pribadi yang bersifat sentimental.

Lepaskan hal-hal besar untuk sesuatu yang baru

Mengacu pada prinsip pertama KonMari, yaitu simpan barang yang membawa kebahagiaan, KonMari mengajarkan kita untuk melepaskan hal-hal yang kita anggap bernilai besar. Seperti beberapa episode di Netflix, banyak orang yang harus mengeluarkan air mata untuk melepaskan barang tersebut.

Baca juga: Pentingnya Punya Rumah Sehat, Hunianmu Sudah Masuk Kategori Belum?

Implementasikan metode KonMari untuk mendapatkan hidup yang lebih baik

marie kondo - rumah123.com

Mungkin nggak sedikit dari kamu yang menganggap bahwa bersih-bersih bukanlah hal yang penting. Tapi menurut riset dari Amerika Serikat pada tahun 2009, seseorang yang tinggal di rumah berantakan memiliki hormon stres lebih tinggi.

Rumah yang berantakan juga bisa menyebabkan tubuh berada pada fase kecemasan berlebihan, yang akan membebani hidup kita, dan meningkatkan risiko terjangkit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Nah, jadi untuk kamu yang masih malas berbenah rumah, coba terapkan metode ala KonMari yang menyenangkan itu. Lihat beberapa bulan ke depan setelah kamu mengimplementasikannya. Selamat berbenah rumah, sahabat Rumah123.com!

Bagikan: 2430 kali