Foto: Rumah123/Getty
 

Beres-beres rumah paling enak tuh kalau lagi libur. Jadi gak keburu-buru saat membereskan atau membuat rumah jadi kinclong lagi. Tapi, tau gak kamu bahwa rumah tuh perlu perawatan setiap hari, paling gak ada bagian atau barang di rumah yang butuh perawatan secara rutin, emang apa aja? Simak poin-poin berikut ini:

Karpet dan Permadani

Kamu punya karpet bulu dan permadani dengan bahan sensitif? Perlu ekstra hati-hati emang saat membersihkannya. Mulai dari hati-hati dalam memilih pembersih, sampe waspada saat menanganinya. Mengutip dari cleanipedia.com, untuk membersihkan debu, kibas permadani dan karpet bulu di luar rumah untuk menjatuhkan kotorannya. Jika perlu, pukul pelan-pelan pake sapu lidi sembari kamu jemur di tempat yang ada cahaya matahari.

Untuk menghilangkan debu, pertama-tama letakkan selembar kain tipis yang berserat renggang, semisal sarung bantal berbahan katun ringan dan kain penyaring, di atas permadani. Kemudian, sedotlah debu di bagian permadani yang telah dilapisi kain. Debu akan tersedot melalui celah-celah serat kain tanpa merusak bulu-bulu karpet permadani.

Baca juga: Pengen Dapur yang Asyik? Ayo Bereskan!

Bila karpet tersebut terkena noda, untuk menghilangkan noda yang tampak jelas, sebisa mungkin gunakan pembersih buatan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan di rumah. Campuran deterjen, cuka, dan air hangat merupakan pilihan cocok untuk membersihkan permadani dan karpet bulu yang sensitif.

Sedangkan untuk mengatasi bau tidak sedap, terutama bau hewan peliharaan dan bau rokok, taburi permadani dan karpet bulu dengan bedak bayi. Diamkan semalaman agar bedak menyerap bau, lalu sedot sisa-sisa bedak pake pengisap debu.

Sofa Kulit

Nah, kalau kamu punya sofa, ini juga kudu dirawat. Sofa merupakan furnitur yang bisa ada di ruang tamu maupun di ruang keluarga. Bahan sofa bisa kain, bisa pula kulit. Kalau kamu punya sofa yang bahannya kulit, ada beberapa trik dalam merawatnya, yakni oleskan pelembab, jangan terkena matahari langsung, dan bersihkan secara berkala.

Selama masa gunanya, perabotan berbahan kulit akan kehilangan lapisan minyak alaminya. Oleh karena itu, mengganti kandungan minyak tersebut dengan produk perawatan bahan kulit seperti pelembab tubuh atau rambut sangatlah diperlukan guna melindungi permukaan bahan kulit sofamu.

Baca juga: Sofa Bau Ga Ada yang Mau!

Jangan letakkan sofa kulitmu di bawah sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya. Panas dan sinar matahari menyebabkan bahan kulit menjadi kering, sehingga mudah retak dan pudar warnanya. Letakkan perabotan kulitmu setidaknya satu meter dari sumber panas.

Bersihkan permukaan sofa kulitmu dari debu dengan menggunakan sikat berbulu halus secara rutin, setidaknya seminggu sekali kalau perabotan berbahan kulit sering digunakan dan bersentuhan langsung dengan kulitmu. Jika kamu membersihkannya dengan pengisap debu, gunakan ujung yang berbulu halus dan berhati-hatilah agar tidak menggores permukaannya.

Selain untuk menyingkirkan debu, kegiatan ini juga bertujuan menghilangkan partikel-partikel kulit mati dan kotoran lain yang menumpuk pada bahan kulit. Pastikan kamu juga membersihkan pinggiran, jahitan, dan celah-celah sofa karena di daerah tersebut kotoran sering berkumpul. Dengan cara-cara tersebut di atas, semoga sofamu awet dan isi kantongmu pun jadi irit.

Dapur

Dapur merupakan bagian rumah yang harus dibersihkan setiap hari agar kebersihan dan kerapihan rumah tetap terjaga. Jangan pernah tinggalkan dapur dalam keadaan kotor dan berantakan. Pasalnya, jika kamu biarkan kotoran bekas masak di dapur terlalu lama, akan menimbulkan bau tak sedap dan mengundang tikus dan hewan lain masuk ke dapurmu.

Baca juga: Soal Bikin Kinclong Karpet, Mari Tanya Ahlinya!

Jangan juga biarkan piring dan gelas bekas makan dna minum menumpuk di bak cucian. Bila tak sempat mencucinya setelah makan, cucilah di pagi hari sebelum kamu beraktivitas ke luar rumah atau saat malam sebelum kamu pergi tidur.

Kamar Tidur

Melihat kamar tidur yang tertata rapi saat kamu pulang akan membuat perasaanmu jadi lebih baik. Pastikan selalu melipat selimut dan merapikan tempat tidur setiap pagi sehabis bangun tidur. Tempat tidur yang rapi akan membuat kesan rapi pada keseluruhan ruangan.

Selain itu bersihkanlah benda-benda yang berada di samping tempat tidurmu, yakni meja kecil di samping tempat tidur atau lampu tidur. Benda-benda ini haruslah bebas dari debu karena menjadi barang yang paling dekat dengan kamu saat tidur. Jika terdapat banyak debu di sana, kemungkinan kamu akan menghirup debu justru di saat kondisi kamu paling rentan, yakni saat tidur.

Wastafel Kamar Mandi

Jika kamu dan penghuni lain rumah sering menggosok gigi di wastafel kamar mandi, pastikan bahwa setelah melakukan aktivitas ini kamu membersihkan gumpalan bekas pasta gigi hingga bersih tanpa bekas. Begitu pula jika kamu sering berias di wastafel kamar mandi, bersihkan ceceran bubuk bedak atau bekas riasan lainnya usai berdandan. Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan, terutama jika kamu menaruh banyak peralatan mandi di atas wastafel.

*

Bagikan: 447 kali