Siapa bilang Jakarta adalah kota termacet di Indonesia? Nyatanya, kota inilah yang menyandang gelar tersebut!

Kota Bandung menjadi kota termacet di Indonesia - Rumah123.com Kota Bandung menjadi kota termacet di Indonesia - Rumah123.com/Getty Images

Jakarta memang identik dengan kota yang selalu macet. Bagaimana tidak? Hampir di setiap ruas jalan dipadati dengan kendaraan bermotor. Apalagi di jam-jam sibuk dan di akhir pekan. Karena hal ini, banyak orang yang mengira Jakarta adalah kota termacet di Indonesia.

Tapi ternyata, anggapan ini salah besar lho. Ada satu kota berkembang yang baru saja dinobatkan sebagai kota termacet di Indonesia. Kira-kira kota mana ya?

Bandung mengalahkan Jakarta sebagai kota termacet di Indonesia

Asian Development Bank (ADB) baru saja merilis Update of the Asian Development Outlook edisi September 2019. Dalam laporan "Asian Development Outlook 2019--Update", terungkap kota yang paling macet di antara 48 negara anggota ADB. 

Kota Bandung tercatat ada pada urutan ke-14 dalam tabel kota berpenduduk di atas 5 juta jiwa (data 2016) dengan tingkat kemacetan tertinggi. Jakarta menempati urutan ke-17, sementara Surabaya ke-20.

Perhitungan penelitian kemacetan Kota Bandung

Dari 48 negara anggota ADB, ada 278 kota yang dijadikan objek penelitian. Studi ini mengukur kemacetan dengan memfokuskan pada waktu yang hilang dalam perjalanan seseorang. Kemudian biaya operasional kendaraan dan juga tingkat polusi udara. Informasi tambahan juga dikumpulkan melalui data perjalanan yang diproyeksikan Google Maps yang diakses pada 19 Maret 2019. 

Dari 278 kota tersebut, ada 24 sampel yang diambil. Kota yang menjadi sampel adalah kota dengan populasi di atas 5 juta. Hasilnya, rata-rata kemacetan di 24 kota tersebut adalah 1,51. Kota Bandung berada di posisi ke-14 dari 24 kota sampel. Angka yang dicatat sedikit di bawah 1,20. Yang artinya, waktu yang dibutuhkan bagi kendaraan untuk bergerak dari titik A ke titik B pada jam sibuk, memerlukan waktu 24% lebih banyak dibandingkan jam lowong. Kemacetan di Bandung ini lebih parah dibandingkan Jakarta yang berada di posisi ke-17 dan Surabaya ke-20.

Baca juga: Staycation di Hotel Bintang 5 di Bandung, Gak Sampe Rp 1 Juta Per Malam!

Daftar kota termacet yang tercatat di ADB

1.  Manila

2.  Kuala Lumpur

3.  Yangon

4.  Dhaka

5.  Bengaluru

6.  Hanoi

7.  Kolkata

8.  Delhi

9.  Pune

10.  Ho Chi Minh

11.  Jaipur

12.  Bangkok

13.  Hyderabad

14.  Bandung

15.  Mumbai

16.  Chennai

17.  Jakarta

18.  Singapura

19.  Karachi

20.  Surabaya

21.  Hongkong, China

22.  Ahmedabad

23.  Lahore

24.  Taipei, China

Pendapat Wali Kota Bandung tentang hal ini

Dilansir dari Detik.com, Wali Kota Bandung, Oded M Danial, menyatakan bahwa kemacetan pasti terjadi di semua kota metropolitan. Sebagai solusinya, pemerintahan Bandung tengah membangun beberapa jalan layang untuk mengatasi kemacetan. Kepala Badan Pembangun­an, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, juga menargetkan dalam lima tahun mendatang, jumlah warga pengguna transportasi publik naik dari 12 persen saat ini menjadi 40 persen untuk mengatasi masalah ini. 

Bagikan: 10706 kali