Yuk kenali bahaya penyakit vertigo dan cara mengatasinya!

Ilustrasi wanita sedang mengalami vertigo - Rumah123.com Ilustrasi wanita sedang mengalami vertigo - Rumah123.com

Vertigo merupakan penyakit di mana penderita mengalami pusing yang berlebih dan mempunyai sensasi seperti melayang. Vertigo biasanya menyerang para penderitanya secara tiba-tiba. Pasalnya, masalah ini tidak hanya membuat menderita, tetapi juga mengakibatkan penderitanya susah untuk melakukan aktivitas. Bahkan parahnya, penyakit ini dapat membuat penderitanya jatuh pingsan. Maka dari itu, kalian harus pintar mengatasi permasalahan ini dengan baik dan benar supaya tidak mengakibatkan efek yang parah saat terserang vertigo. Yuk simak beberapa hal ini sebagai cara untuk mengatasi vertigo yang dapat menyerangmu.

Perbanyak konsumsi air mineral

Minum air mineral merupakan kepentingan mutlak untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Minimalnya, manusia membutuhkan 2 liter air setiap harinya untuk melengkapi daya tahan tubuh saat melakukan aktivitas. Seseorang yang kurang minum air putih akan memicu timbulnya sakit kepala. Hal tersebut merupakan awal mula munculnya vertigo. Sebab itulah perbanyak konsumsi air mineral minimal 8-1- gelas dapat menjadi faktor agar kamu terhindar dari serangan vertigo.

Baca juga: Cara Mengatasi Diare dalam Semalam Menggunakan Bahan Herbal

Perbanyak asupan berprotein

Salah satu penyebab datangnya serangan vertigo yang mengganggumu adalah terganggunya sistem saraf. Dengan begitu kamu harus memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi dengan memperbanyak asupan yang mengandung protein. Kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti daging, ayam atau kacang-kacangan. Makanan-makanan tersebut merupakan makanan yang tinggi protein dan asam amino yang sangat baik untuk menjaga sel-sel dan jaringan tubuh kamu sehingga dapat memperlancar sirkulasi darah dan jauh dari penyakit vertigo.

Sarapan secara rutin

Banyak orang yang sering menyepelekan sarapan dipagi hari sebelum melakukan aktivitas. Padahal idealnya, seseorang harus makan 3 kali sehari supaya mendapatkan asupan gizi yang baik. Jika kamu ingin mendapatkan nutrisi dan asupan energi yang banyak saat melakukan aktivitas, hal tersebut dapat kamu dapatkan jika kamu sarapan secara rutin dan benar. Jika kamu melewatkannya kamu akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit dan akan membuat tubuh menjadi cepat lelah sehingga dapat menimbulkan pusing bahkan vertigo. Maka untuk mengurangi resiko vertigo, jangan sampai kamu melewatkan sarapan di pagi hari.

Menjaga kesehatan telinga

Untuk kamu yang mempunyai riwayat penyakit vertigo, penting untuk kamu menjaga kesehatan dan kebersihan telinga kamu. Karena biasanya vertigo menyerang disebabkan adanya gangguan pada telinga.  Saraf yang ada di telinga kamu sangat berhubungan dengan syaraf-syaraf yang ada di kepala. Oleh sebab itu, kamu harus rutin membersihkan telinga kamu minimal 2 kali dalam sepekan untuk menghindari adanya bakteri-bakteri yang bersarang dalam telinga.

Perbaiki posisi tidur

Kamu harus mengetahui jika posisi tidur menjadi salah satu penyebab adanya resiko terserang penyakit vertigo. Baiknya saat akan tidur baik siang maupun malam hari, kamu harus menata posisi bantal yang lebih tinggi dari terlentangnya badan. Lalu saat kamu terbangun usahakan untuk tidak tergesa-gesa. Kamu dapat bangun dari posisi tidur ke posisi duduk secara perlahan, lalu setelah itu sempatkanlah untuk duduk mengatur nafas terlebih dahulu sebelum beranjak dari tempat tidur kamu sekitar 1-2 menit. Dengan begitu akan mengurangi resiko terserang vertigo.

Hirup aromaterapi

Cara lain yang dapat kamu terapkan untuk meredakan vertigo adalah dengan menghirup aroma terapi. Banyak orang yang percaya aromaterapi dengan wangi citrus dapat membantu meredakan rasa mual dan pusing yang timbul akibat vertigo. Jangan sedih, jika kamu tidak mempunyai aromaterapi dengan wangi citrus kamu dapat menggunakan alternatif lain dengan menggunakan aroma minyak kayu putih. Hiruplah aroma terapi tersebut secara dalam-dalam untuk membantu meregangkan syaraf-syaraf kepala yang menegang.

Latihan fisik

Cari lainnya yang dapat membantu meredakan vertigo adalah dengan latihan fisik. Kamu dapat menggerakan beberapa anggota tubuh seperti kepala, sendi dan bola mata. Atau jika kamu ingin semua anggota badan kamu gerak, kamu dapat melakukan yoga untuk menjaga keseimbangan tubuh. Hal tersebut sangat berguna guna meredakan ketegangan saraf kepala dan membuatnya lebih aktif kembali sehingga mencegah hilangnya kesadaran saat terserang vertigo.

Itulah beberapa hal yang dapat mencegah atau meredakan vertigo yang dapat menyerang tubuh kamu. Ingat ya, vertigo itu bisa datang kapan saja, sehingga jika sudah mengetahui kiat-kiatnya kamu dapat dengan sigap mengatasinya sehingga tidak panik lagi. 

Bagikan:
3402 kali