Dipercaya berkhasiat untuk diet, ternyata teh jati cina punya segudang manfaat lainnya untuk kesehatan loh!

Ilustrasi seorang wanita sedang minum teh jati cina - Rumah123.com Ilustrasi seorang wanita sedang minum teh jati cina - Rumah123.com

Teh jati cina sudah dari jaman dahulu dikenal sebagai obat herbal tradisional yang dipercaya khasiatnya oleh masyarakat Tionghoa dan India. Kandungan bahan alami yang terdapat dalam teh herbal diyakini lebih aman untuk kesehatan dibandingkan dengan obat dokter. Teh jati cina ini dibuat dari ekstrak daun kering, ada yang berbentuk dalam kemasan tinggal celup dan ada juga yang berbentuk serbuk ekstrak. Tetapi keduanya memiliki khasiat yang sama. 

Teh dengan nama lain daun senna ini dikenal sebagai teh yang  manjur untuk menurunkan berat badan. Banyak orang yang minum teh ini untuk membantu program diet mereka. Namun di balik manfaat itu, ternyata daun teh ini punya segudang manfaat lainnya untuk kesehatan! Apa saja?

Melancarkan diet

Salah satu manfaat teh jati cina yang paling populer adalah untuk menurunkan berat badan. Jika kamu mau mendapatkan berat badan yang sempurna, bisa mencoba mengonsumsi teh ini dapat membantu mencapai target berat badan yang ideal. Saat kamu sedang melakukan diet, biasanya kamu akan mempunyai kalori yang rendah dalam tubuh. Untuk menyiasatinya kamu dapat meminum teh ini untuk menambah asupan cairan yang akhirnya membantu mengurangi nafsu makan kamu.

Tapi jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa untuk seimbangkan dengan mengurangi makanan yang berminyak, berlemak tinggi, minum air mineral yang cukup dan juga tentunya berolahraga juga perlu.

Detoks tubuh secara alami

Manfaat selanjutnya dari adalah sebagai detoks alami tubuh. Detoks merupakan sebagai proses pengeluaran racun dan zat-zat yang sudah tidak terpakai di dalam tubuh. Diyakini, saat kamu mengkonsumsi teh ini, proses detoks pun dimulai, khususnya di bagian usus dan sistem pencernaan. Karena teh jati cina ini dipercaya memiliki antioksidan termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, likopen, lutein dan zeaxanthin. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan lebih terjaga terutama kesehatan sel-sel dan jaringan tubuh.

Merawat kondisi kulit

Selain itu, teh jati cina juga dipercaya memiliki minyak esensial, resin dan tanin yang memiliki khasiat menghilangkan peradangan pada kulit seperti kadas atau kurap serta luka terbuka maupun luka bakar. Selain itu juga, teh ini memiliki kandungan aseton dan etanol yang bersifat antibakteri yang dapat membasmi mikroorganisme penyebab infeksi pada kulit seperti eksim dan jerawat. Cara kerjanya yaitu dengan mengurangi produksi sebum serta meningkatkan regenerasi pada sel kulit dan memproduksi kolagen dengan baik.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Untuk mempunyai kekebalan tubuh yang baik, teh jati cina dapat kamu jadikan solusinya. Teh jati cina dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu dengan menstimulasi sel darah putih dalam memerangi patogen yang disebabkan oleh penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Kekebalan tubuh berfungsi untuk melawan semua jenis penyakit yang masuk ke dalam tubuh dengan memperbaiki kinerja sel-sel dalam tubuh serta menghasilkan organ-organ tubuh yang lebih terkendali dengan baik. Bersamaan dengan bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh akan berkurang atau menurun, sehingga perlu bantuan untuk menjalankan fungsinya dengan baik dan benar. Tetapi pada dasarnya jika ingin memiliki kekebalan tubuh yang bagus harus di seimbangkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga. 

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Obat Keluarga yang Penuh Khasiat

Menurunkan kadar kolesterol

Teh jati cina dipercaya untuk mengatasi permasalahan kolesterol dalam tubuh secara alami. Sejatinya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi jika kadar kolesterol tinggi justru akan menyebabkan hal yang negatif dalam tubuh hingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena saat kadar kolesterol tinggi akan menimbulkan timbunan lemak di pembuluh darah sehingga endapan ini tumbuh dan pecah serta membentuk gumpalan. Konsumsi rutin teh ini diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Menurunkan kadar lemak

Selanjutnya, teh ini dipercaya dapat menurunkan kadar lemak berlebih dalam tubuh. Dengan khasiat-khasiat yang ada didalamnya, teh jati cina dipercaya dapat membasmi lemak yang mengendap di dalam organ-organ dalam tubuh. Mulai dari lemak daging, mentega, krim, micin serta roti-rotian. Salah satu lemak yang dapat dibasmi ialah lemak trans.

Lemak trans merupakan lemak yang berlebihan dan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan ditemukan secara alami pada beberapa makanan, termasuk daging, produk susu, minyak sayur. Sehingga kamu harus mengurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak jahat berlebih untuk mengurangi resiko adanya kolesterol.

Menjaga kesehatan saluran pernapasan

Menjaga kesehatan saluran pernapasan merupakan hal yang terpenting dalam tubuh. Jika tidak dijaga, bisa-bisa muncul penyakit yang serius dan berdampak untuk tubuh. Salah satu cara jitu untuk menjaga pernapasan adalah dengan mengonsumsi teh ajaib satu ini.

Teh jati cina bisa mengurangi peradangan pada paru-paru sehingga memperlancarkan saluran pernapasan. Tidak hanya itu, ia juga dapat membatasi aktivitas virus yang mengakibatkan infeksi pada saluran pernapasan dan mencegah terbentuknya lendir pada lapisan alveolus dalam paru-paru yang menyebabkan sulit bernapas. 

Memperkuat rambut

Jika kamu memiliki masalah pada rambut, kamu mungkin dapat mengkonsumsi teh jati cina supaya mengatasi masalah rambut kamu. Kamu dapat mencampurkan bubuk teh jati cina dengan air dan yoghurt, lalu mengoleskannya pada rambut sedikit demi sedikit. Jika sudah tercampurkan secara rata ke semua rambut, tunggu hingga campuran tersebut meresap ke kulit kepala hingga mongering.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat menutup kepala kamu yang sudah diolesi dengan penutup rambut. Jika sudah meresap dan kering, kamu dapat membilasnya dengan air bersih. dengan begitu kamu akan mendapati rambut kamu yang mengkilap, ketombe yang hilang, kulit kepala yang bersih serta berkurangnya rambut rontok.

Itulah beberapa manfaat dari teh jati cina si obat herbal yang memiliki beberapa khasiat untuk kesehatanmu. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara teratur supaya kondisi kesehatanmu selalu maksimal!

Bagikan:
2140 kali