Ilustrasi Milenial (Rumah123/Realestate.com.au)

Berapa banyak dari kamu yang merasa gajinya hanya numpang lewat? Hmm, pastinya banyak kalau mau mengaku secara jujur.

Untuk karyawan swasta yang menerima gaji tanggal 25, kamu masih akan merasa kaya raya hingga akhir bulan. Begitu berganti bulan, baru tanggal 5 saja, kamu kembali menjadi orang termiskin di dunia.

Baca juga: Mau Jadi Rentvestor? Kayaknya Cocok Buat Milenial Nih!

Lantas bagaimana kamu mau menjadi orang kaya dan bisa berinvestasi, kalau kamu tidak bisa melakukan pengaturan keuangan? Pendapatan dan pengeluaran harus diatur lho.

Perencana keuangan alias financial planner M. Kharisma RFC (Registered Financial Consultant) memberikan sedikit petunjuk mengenai hal ini. Dia menyatakan kalau saat menerima gaji, seseorang harus menyisihkan uang untuk dirinya sendiri alias pay yourself.

Baca juga: Rumah123: Kalau Ga Nekat Beli Rumah, Ga Bakal Bisa Punya Lho!

Jangan lupa untuk menyisihkan dana investasi mulai dari membeli rumah atau reksadana. Jangan lupa juga untuk mencatat setiap pengeluaran.

“Kata orang Barat, pay yourself first. Pahami kebutuhan untuk di masa darurat. Bisa investasi, bisa beli rumah atau bisa nyicil rumah,” ujar Kharisma kepada Rumah123.

Baca juga: Perencanaan Keuangan Bagi Generasi Milenial itu Penting Banget Loh

“Berapa pun gaji, nggak investasi, ujung-ujungnya habis. Gajinya nggak tahu ke mana. Begitu terima uang, catat ke mana saja pengeluaran,” lanjutnya.

Kalau kamu biasa mencatat pemasukan dan pengeluaran, kamu bisa mengetahui semuanya. Kalau pemasukan kamu hanya satu dari gaji bulanan tentunya mudah. Lain halnya kalau kamu memiliki pekerjaan sampingan.

Baca juga: Pentingnya Perencanaan Keuangan dan Edukasi Investasi Properti, Kamu Udah Paham?

Nah, untuk pengeluaran, kamu bisa membaginya secara detil. Berapa ongkos untuk pergi pulang kantor, makan setiap hari, bayar listrik dan air, tagihan telepon, dan lainnya.

Kalau kamu bisa melakukannya, pasti kamu akan menemukan ada pengeluaran rutin dan juga pengeluaran tidak perlu. Dari sini, kamu bisa belajar mengatur keuangan lebih baik lagi.

Bagikan: 1014 kali