Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
 

Program Sejuta Rumah tentunya perlu dukungan semua pihak, baik aparat pemerintah, perbankan, maupun para pengembang. Demi memacu semangat dan sinergi menyukseskan program perumahan rakyat ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, sebagai bank penyalur subsidi KPR skema FLPP bagi Program Sejuta Rumah, menggelar BTN Property Award 2018 pada Rabu (15-8-2018) di Hotel Kempinski Jakarta.

“Sisi supply menjadi hal penting yang mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah. Karena itu, melalui BTN Property Award 2018, kami memberikan apresiasi bagi para pengembang dan mitra kerja di Tanah air, yang memiliki kualitas kerja dan profesionalisme tinggi dalam menyediakan rumah berkualitas,” kata Direktur Utama BTN, Maryono, seperti dikutip merdeka.com, Kamis (16-8-2018).

Maryono meyakini, kemitraan yang terjalin dengan baik akan mendukung pencapaian target Program Satu Juta Rumah pada akhir tahun ini. Target BTN akhir tahun ini (2018) adalah 750.000 unit rumah. Agar target tercapai, Maryono mengatakan, terus melakukan berbagai langkah baik dari sisi ketersediaan stok rumah (supply) maupun permintaan (demand). Untuk mendorong sisi supply, maka digelarlah BTN Property Award ke-6 tersebut.

Baca juga: Kalau Kamu Atlet, BTN Kasih KPR Khusus Nih! Jangan Lewatkan!

Melalui ajang tersebut, Maryono mengatakan, ingin menggerakkan para pengembang untuk memanfaatkan relaksasi loan to value (LTV) yang berlaku mulai 1 Agusutus 2018 ini. “Berbagai relaksasi kebijakan tersebut menjadi peluang untuk meningkatkan sektor properti, apalagi di tengah angka backlog (saat ini) yang masih tinggi,” katanya.

Hingga Juli 2018, BTN telah menyalurkan KPR untuk 541.833 unit rumah atau sekitar 72,24% dari target dukungan BTN bagi Program Sejuta Rumah. Sampai saat ini, BTN telah bermitra dengan sekitar 10.000 pengembang, baik rumah subsidi maupun non-subsidi.

Penilaian terhadap para pengembang yang menerima apresiasi melalui BTN Property Award, dilihat dari kontribusinya bagi pertumbuhan kredit yang berkualitas di BTN. Ada sejumlah kategori penghargaan yang diberikan, yakni Mitra Pengembang BUMN Properti Nasional, Mitra Pengembang Swasta Properti Nasional, Mitra Pengembang Terbaik BTN Syariah Tingkat Nasional.

Baca juga: Mumpung BTN Tawarkan KPR Bunga Rendah 4,1%, Beli Rumah Yuk!

Juga untuk kategori: Pengembang dengan Kontribusi Terbaik Kredit Small & Medium Tingkat Nasional, Pengembang dengan Kontribusi Terbaik Kredit Komersial Tingkat Nasional, Pengembang KPR Subsidi Terbaik Tingkat Nasional, Pengembang dengan Realisasi KPR Non-subsidi Terbesar, dan Pengembang BUMN dengan Realisasi KPR Non-subsidi Terbesar.

Dalam ajang penghargaan tersebut, BTN juga akan memberikan penghargaan khusus untuk kategori Kemitraan Utama Nasional kepada para mitra kerja perseroan yang telah membantu dalam penyaluran kredit dan pembiayaan perumahan.

Selain meningkatkan kemitraan, BTN juga menggelar berbagai inisiatif lainnya untuk meningkatkan penyaluran KPR. Di antaranya, memperkuat pemasaran melalui pameran dan kemitraan, meningkatkan lini digital untuk mempermudah pengajuan kredit melalui portal www.btnproperti.co.id, dan membuat portal www.rumahmurahbtn.co.id yang dapat diakses masyarakat yang ingin beli rumah lelang dengan harga lebih murah.

Baca juga: Ekonomi Lesu? Ah, Kata Siapa? BTN Malah Buka Cabang Di Green Pramuka City

Juga mendirikan Plaza KPR dan HOTLINE KPR, Housing Finance Center (HFC) untuk menciptakan pengembang andal, dan mendorong relaksasi ketentuan, baik dalam kebijakan KPR, konstruksi, maupun dalam pengadaan lahan.

Jangan lupa, BTN juga berinisiatif meluncurkan KPR Mikro bagi para pekerja informal yakni tukang bakso, tukang ojek online, nelayan, dan lain-lain. “Semua hal tersebut merupakan wujud komitmen kami untuk terus menjangkau semakin banyak masyarakat Indonesia yang mudah memiliki rumah terjangkau,” kata Maryono.

Bagikan: 1085 kali