btn- rumah123.com Ilustrasi Penghitungan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). BTN Menggelar Pameran Properti Indonesia Property Expo 2019. BTN Memberikan Sejumlah Promo Menarik Termasuk KPR DP 0 Persen untuk Aparatur Sipil Negara, TNI, dan Polri (Foto: Rumah123/Getty Images)

Bank BTN semakin ekspansif dalam menawarkan kredit. Bank pelat merah ini menawarkan kredit perumahan dengan uang muka  (DP) 0 persen kepada ASN, TNI, dan Polri.

Suhu politik nasional mulai mereda setelah penyelenggaraan pemilihan presiden dan pemilihan umum 2019 lalu. Joko Widodo dan K.H. Ma’ruf terpilih sebagai presiden dan wakil presiden untuk periode 2019-2024.

Perekonomian juga relatif stabil. Bank Indonesia baru menurunkan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 25 basis poin (bps) dari 6 persen ke 5,75 persen. Rapat Dewan Gubernur BI pada 17-18 Juli 2019 memutuskan penurunan tersebut.

Baca juga: Kalau Kamu Atlet, BTN Kasih KPR Khusus Nih! Jangan Lewatkan!

Sebelumnya, BI sebagai bank sentral sempat menahan suku bunga pada level 6 persen sejak November 2018. Situs berita Kompas.com mengutip pernyataan Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan penurunan ini didasarkan pada rendahnya perkiraan inflasi ke depan dan juga menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, pembangunan infrastruktur juga tengah dipacu. Pemerintah terus membangun jalan tol di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pembangunan infrastruktur juga giat dilakukan di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Pemerintah membangun jalan tol, MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu), dan juga LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu).

Baca juga: KPR Gaeesss dari BTN untuk Milenial, Beli Rumah Gak Pake Duit Banyak

Semua ini membuat BTN semakin giat untuk menyalurkan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) lantaran meyakini masyarakat akan kian intensif dalam mencari properti.

BTN kembali menyelenggarakan pameran hunian Indonesia Properti Expo (IPEX) 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta pada 27 Juli hingga 4 Agustus 2019. BTN membidik nilai KPR sebesar Rp5 triliun dari ajang pameran properti tahunan tersebut.

Kemudahan KPR untuk ASN, TNI, dan Polri

Dalam pameran ini, Bank BTN memberikan sejumlah kemudahan bagi konsumen seperti suku bunga ringan sebesar 6,99 persen fixed rate (tetap) selama satu tahun, bebas biaya provisi, bebas biaya administrasi, dan diskon biaya asuransi jiwa sebesar 20 persen.

BTN juga menjalin kerja sama dengan perusahaan pengembang dalam memberikan program promo yang menarik. Untuk pengembang rumah KPR Non Subsidi yang memberikan subsidi bunga kurang lebih 2,00 persen selama satu (1) tahun atau lebih akan menikmati keringanan uang muka sebesar 0 persen.

“Uang muka mulai dari 0 persen kami khususkan bagi pegawai negeri atau aparatur sipil negara, TNI, dan Polri yang memiliki payroll di Bank BTN,” ujar Direktur Utama BTN, Maryono seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Syarat dan ketentuan berlaku untuk hal ini. Pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI, dan Polri yang bisa mengajukan KPR DP 0 persen ini adalah mereka yang mempunyai rekening pembayaran gaji di BTN.

BTN juga memberikan penawaran tenor (jangka waktu) KPR maksimal hingga 30 tahun, sedangkan tenor KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) ditawarkan maksimal 20 tahun.

Kemudahan lainnya adalah konsumen bisa memperoleh fasilitas KPR walaupun masih berusia 18 tahun. Persyaratannya adalah calon debitur muda ini telah bekerja minimal selama satu (1) tahun dengan pendapatan tetap dan rekening gajinya melalui BTN.

Persyaratan lainnya adalah instansi atau kantor tempat calon debitur ini bekerja telah menjalin perjanjian kerja sama dengan BTN. Artinya, nasabah telah memperoleh rekomendaasi dari perusahaan untuk mengajukan KPR ke BTN.

Maryono menambahkan kalau BTN membuka diri kepada seluruh lapisan masyarakat dengan produk KPR yang telah dibuat sesuai dengan kemampuan masyarakat. BTN juga telah merilis KPR Gaess untuk generasi milenial pada Oktober 2018 lalu.

Bagikan: 2340 kali