Hijau mint, salah satu warna cat rumah minimalis yang bisa dipilih - Rumah123.com Hijau mint, salah satu warna cat rumah minimalis yang bisa dipilih - Rumah123.com

Seperti namanya, rumah minimalis pada umumnya memiliki ukuran yang kecil. Konsep rumah seperti ini sudah cukup lama diminati banyak orang. Salah satu alasannya adalah karena lahan di daerah-daerah populer semakin mahal harganya. Pemilik rumah minimalis biasanya punya tantangan sendiri dalam menata hunian. 

Lantaran ukuran yang kecil, ada sejumlah trik yang harus dilakukan agar hunian terasa luas dan lega. Salah satunya adalah dalam memadukan warna cat rumah. Dengan warna cat yang tepat, hunian bisa tampak cantik dan memberikan ilusi lebih luas. Biasanya, rumah minimalis seringkali didominasi oleh warna monokrom seperti hitam, putih, dan abu-abu. Namun, tak selamanya rumah minimalis harus menggunakan warna tersebut lho! Ada banyak kok warna lainnya yang masih terkesan “kalem” dan masih memperkuat konsep minimalis. Warna apa saja itu?

Hijau mint

Contoh warna hijau mint dengan turunannya untuk warna cat rumah minimalis - Rumah123.com Contoh warna hijau mint dengan turunannya untuk warna cat rumah minimalis - Rumah123.com

Penyuka warna cerah, kamu bisa memilih hijau mint sebagai warna dasar hunianmu. Warna hijau memberikan sentuhan alam pada hunian yang bisa menyejukkan. Selain itu, kamu bisa merasa rileks dan tenang berada di sekitar warna ini. Agar tak mencolok, gunakan warna hijau mint pastel. Warna ini cocok diaplikasikan di ruang tamu maupun ruang tidur.

Krem

Warna krem atau beige memberikan kesan hangat pada hunian - Rumah123.com Warna krem atau beige memberikan kesan hangat pada hunian - Rumah123.com

Warna beige alias krem adalah warna netral yang bisa memberikan kesan hangat pada hunian. Apabila kamu lebih sering menghabiskan waktu di rumah, maka warna satu ini bisa membuatmu lebih betah! Warna ini pun mudah dikombinasikan dengan warna lainnya. 

Baca juga: Mau Punya Desain Dapur yang Kekinian di Tahun 2020? Ini Tips-nya!

Merah muda

Warna pink muda memang feminim, namun mampu memberikan kehangatan - Rumah123.com Warna pink muda memang feminim, namun mampu memberikan kehangatan - Rumah123.com

Yap, warna pink alias merah muda memang identik dengan wanita. Warnanya yang feminim bukan hanya bisa memberikan kesan manis, melainkan juga punya efek menghangatkan, layaknya warna krem. Namun, pastikan kamu memilih warna merah muda yang kalem ya, seperti pink coral misalnya. Tak cuma itu, warnanya yang terang sekaligus lembut juga bisa menghidupkan suasana hunianmu.

Ungu lilac

Ungu lilac merupakan warna yang cocok untuk pasangan baru - Rumah123.com Ungu lilac merupakan warna yang cocok untuk pasangan baru - Rumah123.com

Warna ungu dengan sedikit tone abu-abu biasa disebut ungu lilac. Bagi pasangan baru, kamu bisa memilih warna ini untuk menimbulkan kesan romantis di rumah. Tenang, warna ungu yang satu ini gak akan bikin hunianmu jadi norak kok. Warna gelap dari semburat warna abu-abu membuatnya lebih lembut dan kalem. 

Biru keabu-abuan

Biru keabu-abuan bisa digunakan untuk rumah dengan konsep Skandinavian - Rumah123.com Biru keabu-abuan bisa digunakan untuk rumah dengan konsep Skandinavian - Rumah123.com

Rumah minimalis sangat erat kaitannya dengan konsep rumah Skandinavia. Apabila kamu mau menerapkan konsep ini, maka warna biru keabu-abuan bisa jadi pilihan tepat untuk mendominasi hunianmu. Warna ini menciptakan kesan elegan.

Tips memadukan warna cat minimalis

Itu dia warna-warna minimalis yang bisa dijadikan opsi jika kamu bosan dengan warna hitam, putih, dan abu-abu. Nah, setelah tahu warna-warna di atas, lalu seperti apa cara memadukan warna cat rumah minimalis yang tepat? Berikut tipsnya!

Gunakan color wheel untuk mencari warna turunan

Warna-warna di rumah minimalis biasanya senada. Apabila kamu memilih warna hijau, maka untuk perpaduan warna lainnya tak akan jauh dari warna hijau. Yang dipilih adalah warna-warna turunannya. Sangat dihindari memilih warna kontras atau berseberangan. Supaya mudah, kamu bisa menggunakan teori berikut ini. Manfaatkan color wheel, dan pilih dua atau tiga warna yang bersebelahan dalam color wheel. Misalnya merah, oranye, dan kuning. Cukup dua dan tiga warna saja. Sisanya, kamu bisa  menggunakan warna turunan dari warna-warna yang dipilih sebelumnya.

Gunakan warna cat yang berbeda sebagai batas untuk tiap ruang

Rumah minimalis seharusnya minim sekat. Untuk membuat batas antar ruang, kamu bisa memanfaatkan warna cat yang berbeda. Tonjolkan ciri khas setiap ruang menurut fungsinya masing-masing!

Bagikan: 1560 kali