Studio Arsitektur 100architects Mengubah Bilik Telepon Umum Menjadi Ikon Kaum Urban di Shanghai, China (Foto: Rumah123/Designboom.com/Amey Kandalgaonkar)

Studio arsitektur 100architects baru saja menyelesaikan proyek terbarunya dengan mengubah boks telepon umum menjadi obyek urban yang kontemporer dan berguna, Bilik telepon umum berwarna terang yang ngejreng.

Kotak telepon? Bagi sebagian besar kids jaman now, tidak menyadari seperti apa kotak telepon atau bilik telepon umum. Apalagi, sekarang jaman smartphone.

Lain halnya bagi mereka yang berusia di atas 40-an. Atau juga bagi kamu yang pernah traveling ke Inggris, kamu akan menemukan boks telepon umum yang ikonik, boks telepon umum berwarna merah.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Proyek yang dilakukan oleh 100architects ini berada di Jalan Yuyuan, Shanghai, China. Arsitek memulai proses desain dengan mempertanyakan peran boks telepon umum dalam kehidupan sehari-hari dan apa yang dapat diberikan kepada masyarakat dalam era smartphone.

Hal yang wajar karena buat apa ada boks telepon saat orang sudah memiliki smartphone. Bahkan, banyak orang mempunyai dua smartphone sekaligus.

Studio arsitek melakukan perubahan ekstrem yang menjadikan boks telepon menjadi terlihat lebih keren dan kontemporer. Awalnya, semua boks telepon terlihat seperti benda tua tetapi bisa berubah fungsi mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga: Transportasi Urban di Masa Depan Bakal Seperti Ini? Asyik, Dong…

Ada sejumlah fitur kekinian seperti koneksi wifi gratis, sambungan pengisian listrik, tempat duduk, rak penyimpanan koran, meja kopi, lampu baca, dan telepon umum untuk keadaan darurat. Tidak ketinggalan, kalau bilik telepon umum ini dilengkapi dengan lampu LED.

Gagasan utama dari proyek ini adalah mengubah bilik telepon umum menjadi kapsul urban berukuran kecil. Tempat ini bisa menjadi area berteduh atau berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu, boks telepon umum bisa menjadi furnitur umum di area pejalan kaki. 100architects membuat tiga prototipe berbeda dengan tujuan beragam.

Baca juga: Rumah Sempit yang Cocok untuk Kaum Urban, Bikin Juga Yuk

Bagikan: 612 kali