Foto: Rumah123/Getty

Kamu udah memilih bank untuk mengajukan permohonan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan uang muka atau Down Payment (DP) 0% yang berlaku mulai 1 Agustus 2018? Gimana kalau PT Bank Negara Indonesia Tbk alias BNI? Nama bank ini sudah akrab di telinga kamu kan?

Kebijakan pelonggaran DP hingga bisa 0% yang diberikan Bank Indonesia (BI) untuk rumah pertama disambut baik oleh BNI dengan menyatakan siap menjalankan kebijakan tersebut. Bank pelat merah ini gak khawatir terhadap kredit macet yang sering dikhawatirkan para pengamat perbankan.

Baca juga: Bank Mana Aja Sih yang Bisa Kasih DP 0%, Mau Tau?

"Semua kan pastinya kan ada (risiko). Kan enggak berlaku secara umum. Nanti kita pilih siapa-siapa developer-nya, lokasi propertinya di mana, terus jenis bayarnya, siapa ja, nanti kita atur semuanya. Gaklah (tidak takut kredit macet), kami udah berani ke situ, berarti kami  udah tahu risikonya," kata Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni, seperti dikutip detik.com, Minggu (8-7-2018).

Achmad mengatakan, hal utama yang BNI akan lakukan adalah bagaimana meminimalisasi risiko sebelum menerapkan kelonggaran yang diberikan BI tersebut.

Baca juga: Bank Siap Berikan DP 0% Tapi Gak pada Setiap Nasabah

"Misalnya, LTV 0% tentunya kita juga giat. Apakah itu berlaku secara umum, iya toh. Untuk seluruh nasabah dan developer, apakah nasabah tersebut rumah pertama, kedua, dan seterusnya, akan tetap dijadikan perhatian kami (BNI). Jadi kami menyikapinya positif dan yang pasti akan kami terapkan kebijakan tersebut," kata Achmad.

Sebagaimana diberitakan, BI bukan cuma menaikkan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 50 bps menjadi 5,25% (sebelumnya 4,75%), juga melakukan relaksasi aturan DP KPR atau aturan Loan to Value dan Financing to Value (LTV/FTV). Kenaikan tersebut berlaku efektif per 29 Juni 2018.

*

Bagikan: 986 kali