Paduan hiasan dinding yang memainkan "tone" warna monokrom yakni hitam dan putih. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto
 

Mendadak bisnis di akhir tahun? Kenapa ga, kalau penghasilan dari situ bikin kamu bisa beli rumah, paling ga bisa bayar uang muka (DP)-nya. Meskipun sifatnya dadakan dan sementara karena hanya memanfaatkan momentum akhir tahun, tetap saja kamu harus bersungguh-sungguh menjalankannya. Momen Natal dan Tahun Baru berpotensi dan berpeluang untuk kamu menjaring uang.

 

Berikut ini beberapa inspirasi bisnis yang bisa kamu jalankan di akhir tahun:

 

Bisnis Penginapan 

 

Akhir tahun biasanya waktu orang pergi berlibur. Kalau kamu punya kamar kosong, atau mungkin villa, bungalow, hotel, yang bisa disewakan, kenapa ga kamu lakukan? Atau kalaupun bukan properti kamu sendiri, bisa saja properti orang lain yang kamu sewakan. Yang penting ada penghasilan tambahan dari kegiatan ini.

 

Baca juga: Gila, Sewa Penginapan Ini Ada yang Sampai Miliaran Semalam Loh! (1)

 

Bisnis Travel 

 

Bisnis travel ga selalu berupa perusahaan besar. Secara kecil-kecilan pun kamu bisa menyelenggarakan bisnis travel. Coba berkolaborasi dengan teman, kenalan, atau famili yang ada di bisnis ini. Sebut saja agen penjualan tikel, sewa mobil, sewa penginapan. Kamu bisa menuai banyak keuntungan yang besar di akhir tahun dengan memanfaatkan jaringanmu di bidang ini.

 

Baca juga: Sambut 2018 dengan Bisnis yang Bikin Kamu Bisa Beli Rumah 

 

Bisnis Parcel 

 

Parcel atau kado Natal dan Tahun Baru biasanya menjadi tradisi di kalangan keluarga dan kenalan yang merayakannya. Saling mengirim hadiah atau parcel biasa terjadi di kahir tahun. Mereka yang butuh atau memesan parcel biasanya dari kalangan menengah ke atas. Paket parcel tentunya bisa saja dipesan oleh pelanggan jauh-jauh hari, terutama bagi mereka yang akan mengirimkannya ke luar kota.

 

Baca juga: Kado Natal Ga Harus Barang Kan? 

 

Bisnis Percetakan Kalender 

 

Akhir tahun biasanya waktunya orang membutuhkan kalender baru. Instansi pemerintah atau swasta, atau per orangan biasanya butuh kalender yang repsentatif. Mulai dari merancang desain kalender hingga mencetaknya akan jadi bisnis yang lumayan di akhir tahun.

 

Baca juga: Ayo Dekor Ulang Rumahmu, Tahun Baru Bentar Lagi!

 

Bisnis Pernak-pernik Akhir Tahun 

 

Terompet, kembang api, topi, dan segala pernak-pernik akhir tahun pastinya dicari banyak orang. Pesta Tahun Baru memang akan lebih semarak jika ada barang-barang tersebut. Ada peluang kamu bisa berbisnis aksesori ini.

 

 

Bagikan: 1103 kali