Ilustrasi Apartemen (Rumah123/Realestate)

Wah, baru lulus terus baru kerja, gajinya belum cukup buat beli properti. Jawaban klasik ini sering muncul kalau ada generasi milenial yang baru bekerja ditanya soal rumah.

Tapi, lucunya banyak generasi milenial yang bisa menghemat pengeluaran demi bisa travelling alias jalan-jalan. Bisa jalan-jalan ke Raja Ampat, Wakatobi, atau malah ke luar negeri jadi impian.

Baca juga: 5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Milenial Saat Punya Hunian

Kalau beli rumah, ya nanti dulu. Alasannya macam-macam. Yang paling klasik sih biasanya soal besaran gaji yang belum cukup.

Situs properti nomor 1 di Indonesia, Rumah123 sempat menyelenggarakan Festival Properti Indonesia 2017 Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada pekan lalu. Rumah123 merupakan bagian dari REA Group Australia.

Baca juga: Tinggal dan Dibayar Rp31 Juta Per Bulan? Ini Tawaran Menarik Bagi Kaum Milenial

Dalam penyelenggaraan ini, ada sejumlah proyek properti yang cicilannya Rp1,5 juta lho. Cicilan ini sama dengan sewa kamar kost di Jakarta.

“Kami pernah melakukan survey. Berapa gaji milenial sekarang? Rp4,5 juta atau Rp5 juta? Ini lulusan universitas ya. Kalau UMP kan Rp3,3 juta, kalau tahun ini kan sudah Rp3,6 juta, nah ini lulusan SMA. Kalau gaji Rp4,5 juta, cicilan properti Rp1,5 juta, sebenarnya masih masuk tuh pengeluarannya,” ujar Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung usai pembukaan Festival Properti Indonesia 2017 beberapa waktu lalu.

Baca juga: Milenial Sampe Lansia Ga Takut Beli Rumah Berhantu

Bagi kamu yang merantau di Jakarta dan harus tinggal di kost, kamu hanya dihadapkan pada pilihan yaitu menghamburkan uang alias boros soal sewa kost atau nekat menyicil hunian. Dalam jangka panjang, kamu bakal diuntungkan kalau nekat membeli properti.

Kamu memang harus ekstra hemat dalam pengeluaran, namun kamu akan beruntung lantaran propertinya bakal jadi milik kamu. Sebaliknya, kalau kamu memilih kost, apakah kamarnya bakal jadi hal milik? Ga kan?

Baca juga: Pesan Buat Kaum Milenial: Beli Rumah Aja Dulu, Up Grade Kemudian!

Nah, kalau cicilannya hanya Rp1,5 juta, sementara gaji kamu Rp4,5 juta, masih ada sisanya lho Rp3 juta. Ya, kamu ekstra hemat saja selama 2-3 tahun untuk pengeluaran gaya hidup. Siapa bilang kalau pekerja baru nggak bisa beli properti. Buruan datang ke Kokas ya, Festival Properti Indonesia 2017 tinggal sehari lagi lho.

Bagikan:
3186 kali