OK

Bisa Atasi Banjir Gak ya? Inilah 4 Waduk Baru di Jakarta Era Gubernur Anies Baswedan

06/04/2022 by Adhitya Putra

salah satu waduk baru di jakarta yang dibangun gubernur Anies Baswedan berada di Pondok Rangon

(Sumber Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur Anies Baswedan akan membangun empat waduk baru di Jakarta selama tahun 2022. Seberapa ampuh proyek pengendalian banjir di ibukota?

Seperti diketahui, Jakarta berada di daerah cekungan serta dikelilingi 13 sungai sehingga membuatnya menjadi daerah rawan banjir.

Dilansir dari laman Kompas.com, setidaknya ada empat waduk baru di Jakarta  yang akan selesai selama tahun ini. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebutkan bila pembangunan infrastruktur tersebut, menjadi  solusi strategis mengurangi banjir.

Mengutip Buletin JaKita edisi 1-2022, berikut ini deretan waduk baru di Jakarta yang akan dibangun di era Gubernur Anies Baswedan.

4 Waduk Baru di Jakarta, yang Akan Dibangun Selama Tahun 2022

pengerukan waduk baru di jakarta yang berada di pondok ranggon

(Foto: Detik.com / Agung Pambudhy)

1. Waduk Pondok Ranggon

Waduk yang berada di Cipayung, Jakarta Timur ini memiliki daya tampung sebesar 333.575,51 meter kubik. 

Agar bisa punya kapasitas tampung tersebut, Pemprov DKI membangunnya di lahan tanah seluas kurang lebih 165.506 meter persegi.

Diharapkan waduk Pondok Ranggon dapat berkontribusi mereduksi debit banjir sebesar 16,4%, di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Sunter.

2. Proyek Waduk Brigif 

Salah satu di antara empat waduk baru di Jakarta yang akan dibangun Anies Baswedan adalah proyek pengendalian banjir Waduk Brigif.

Berdiri di lahan seluas 102.400 meter persegi, waduk Brigif  memiliki kapasitas tampung sebesar 266.000 meter kubik.

Waduk Brigif yang berada di Kelurahan Cipedak, Jakarta Selatan, disebut bakal berkontribusi mengurangi debit banjir sebesar 25%.

3. Waduk Lebak Bulus

Didirikan pada lahan seluas 38.600 meter persegi, waduk Lebak Bulus diharapkan dapat mengendalikan banjir di daerah sepanjang DAS Kali Grogol.

Dengan daya tampung sebesar 40.000 meter kubik, diharapkan proyek waduk baru di Jakarta ini dapat mereduksi debit banjir hingga 11%.

4. Proyek Waduk Wirajasa

Pemprov era Gubernur Anies Baswedan juga akan membangun waduk Wirajasa, yang punya kapasitas 25.000 meter kubik.

Terletak di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta, proyek ini diproyeksikan dapat berkontribusi mengurangi banjir di Wirajati-Wirajasa.

Nah, itulah empat waduk baru di Jakarta, yang dibangun untuk mengendalikan banjir di era Gubernur Anies Baswedan. 

Temukan informasi menarik seputar kabar properti terkini, gaya hidup, hingga inspirasi desain, hanya di artikel.rumah123.com.

Bila kamu ingin cari rumah impian, yuk temukan beragam rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com, karena kami #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Adhitya Putra

Adhitya Putra

Penulis Rumah123.com yang sedang menekuni peran sebagai Jurnalis di bidang properti. Merasa antusias dengan penulisan SEO dan fotografi bergenre hitam putih.