Biro Arsitek Belanda, Wenink Holtkamp Architecten Mengubah Pabrik Kulit Menjadi 25 Hunian Bergaya Industrial (Foto: Rumah123/Designboom)

Sebuah pabrik tua bisa dialihfungsikan menjadi hunian bergaya industrial. Siapa bilang kalau bangunan tua tidak bisa menjadi tempat tinggal.

Designboom melansir biro arsitek asal Belanda, Wenink Holtkamp Architecten mengubah sebuah pabrik tua di Oisterwijk, Noord-Brabant, Belanda. Pabrik ini memproduksi olahan kulit.

Arsitek A. Benoit merancang bangunan pabrik ini pada 1925. Pabrik ini sempat menjadi produsen kulit terbesar di Eropa. Perusahaan berhenti beroperasi pada 2001, pabrik pun tidak lagi berfungsi.

Baca juga: Mau Desain Rumah Punya Beragam Fungsi? Nah, Coba Lihat Rumah Ini

Bangunan ini mempunyai gaya industrial. Hal ini terlihat dari batu bata ekspos yang ada di seluruh sudut bangunan.

Wenink Holtkamp Architecten mempertahankan fasad dan sebagian besar bagian dengan batu bata. Begitu juga dengan beton ekspos yang dibiarkan apa adanya.

Bingkai jendela aluminium dengan desain klasik ditambahkan pada bangunan. Hal ini menjadi tambahan lantaran memang tidak dapat dipertahankan.

Arsitek Berhasil Mengubah Pabrik Menjadi 25 Hunian dengan Tiga Tipe Unit (Foto: Rumah123/Designboom)

Baca juga: Kantor Bank Beralih Fungsi Jadi Kantor Arsitek, Luar Biasa Kan?

Arsitek menambahkan material kaca pada atap. Hal ini membuat bangunan memiliki bagian tambahan dan memperbanyak luas bangunan. Wenink Holtkamp Architecten memang hanya memberikan sedikit sentuhan tambahan minimalis dan modern.

Pabrik ini pun berubah menjadi 25 unit hunian. Ada tiga tipe unit dalam bangunan ini yaitu studio, apartemen, dan hunian di lantai dasar.

Wah, nggak nyangka ya kalau pabrik tua berubah menjadi hunian bergaya industrial. Kira-kira kamu mau melakukan hal serupa nggak?

Baca juga: Lumbung Gandum Beralih Fungsi Menjadi Rumah Tinggal, Kenapa Ga Bisa?

Arsitek Mempertahankan Sejumlah Bagian Pabrik dan Memadukannya dengan Gaya Kontemporer (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 544 kali