Seorang wanita sedang menikmati rumah wangi yang ditempatinya - Rumah123.com Seorang wanita sedang menikmati rumah wangi yang ditempatinya - Rumah123.com

Rumah yang bagus bukan cuma dinilai dari penampilannya yang cantik, melainkan juga dari aromanya yang harum dan segar. Sebab, bau tak sedap menandakan bahwa rumah tersebut kotor dan jorok.

Untuk membuat rumah menjadi wangi, orang-orang biasanya menyemprotkan pengharum ruangan di dalam rumah. Tapi tentu saja, cara ini tak bisa dilakukan terus-terusan dalam jangka waktu yang lama. Memang sih, berhasil bikin rumah jadi wangi. Tapi bila cara ini dilakukan terus menerus tentu akan membahayakan kesehatan karena zat pewangi sintetis yang beracun jika dihirup terlalu sering

Lalu, bagaimana cara menjaga bau rumah tetap wangi dan nyaman tanpa memakai pewangi terlalu banyak? Yuk simak caranya!

Kosongkan tempat sampah secara berkala

Bau rumah tidak sedap harus dihilangkan dengan merunut sumber baunya. Tersangka pertama yang bisa di eliminasi adalah tempat sampah utama yang biasanya terletak di luar rumah.

Memang sekilas tempat sampah ini jauh dari rumah. Namun apabila sampah yang menumpuk terlalu banyak tentu akan membuat bau rumah kamu menjadi kurang sedap.

Selalu kosongkan tempat sampah utama tersebut secara berkala sehingga bau tidak sedapnya tidak menguar ke rumah dan membuat tidak nyaman

Bersihkan Kulkas dan Isinya

Tersangka kedua yang bisa dicurigai dari bau tidak sedap di rumah adalah kulkas yang jarang disortir dan dibersihkan.

Kadang kala banyak bahan makanan berlebih yang kita beli dan sudah basi sehingga membuat bau tidak sedap keluar dari kulkas tersebut dan membuat ruangan kamu ikut ikutan berbau tidak sedap. 

Solusi dari hal tersebut adalah. Selalu sortir bahan makanan yang kamu beli dengan sistem FIFO (First In First Out) dan selalu bersihkan kulkas secara berkala minimal 3 bulan sekali.

Taburi Baking Soda di Karpet

Karpet juga bisa menjadi sumber bau dalam rumah. Karena karpet sendiri bersifat menyerap cairan atau lembab yang membuat bau lembab dan sumuk.

Biasakan menaburkan baking soda di karpet rumah kamu sebelum divakum. Tinggalkan baking soda semalaman di karpet kamu dan voila! Karpet kamu akan diserap kelembabannya sehingga tidak berbau apek dan sumuk.

Gunakan Pewangi Alami

Sentuhan terakhir setelah semua dibersihkan adalah menambahkan pewangi alami didalam rumahmu. Pewangi alami ini biasanya terbuat dari minyak alami yang diekstrak dari bunga atau kayu kayu tanpa tambahan bahan kimia.

Memang, pewangi alami harganya akan jauh lebih mahal dari pewangi sintetis. Namun pewangi alami ini baik untuk kesehatan dan tidak akan memberi efek samping seperti pewangi sintetis.

Nah, bagaimana? Ternyata untuk membuat ruangan wangi dan nyaman tidak terlalu sulit ya guys? Semoga artikel ini membantu ya!

Bagikan: 3994 kali