Ilustrasi Generasi Milenial (Foto: Rumah123/Fox News)

Setiap generasi memiliki gaya hidup yang berbeda dari generasi sebelumnya. Financial planner Ligwina Hananto punya pandangan bagaimana generasi milenial agar mau melirik investasi properti.

Generasi milenial adalah mereka yang lahir pada era 1980-an hingga 1990-an. Mereka sudah akrab dengan teknologi sehingga mereka merupakan digital native.

Kalau generasi Baby Boomers yang merupakan kakek nenek kaum milenial dan juga Gen X yang termasuk orang tua generasi milenial mengenal istilah pangan, sandang, papan, maka generasi milenial lebih mengenal pangan, sandang, life style.

Baca juga: Edukasi Tanpa Henti Agar Milenial Bisa Memiliki Properti

Ada cara pandang berbeda dari generasi milenial mengenai papan atau perumahan. Hal ini diungkapkan oleh Ligwina dalam diskusi panel acara Rumah123.com Property Outlook 2019, Proyeksi Arah Properti 2019 dengan tema “Memanfaatkan Kesempatan untuk Bertahan di Tahun 2019” yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Generasi milenial bukannya nggak mikir, tetapi mereka memang beda. Papan belum jadi consideration, harus ngomong experience,” ujar Ligwina.

Kaum milenial memang berbeda. Komitmen mereka terhadap perusahaan berbeda dengan orang tua dan kakek nenek. Generasi sebelumnya bakal bekerja pada satu perusahaan, tanpa pernah pindah, dan kemudian pensiun.

Baca juga: Gimana Ganti Mind Set Milenial Soal Lifestyle Jadi Investasi Properti

Sementara generasi milenial lebih suka bekerja di kantor dengan gaya tidak formal. Mereka bisa bekerja secara remote di coffee shop atau rumah. Atau mereka memilih untuk memulai usaha sendiri dengan membuat perusahaan start up.

“Cara hidup lain, cara hidup nggak sama. Dulu, orang bayar cash, zaman saya bayar pakai kartu kredit, milenial bayar pakai Go-Pay,” kata Ligwina lagi.

Perbedaan ini tentunya membuat pihak yang berkepentingan seperti pemerintah, perusahaan pengembang, dan lainnya harus melakukan pendekatan yang lain.

Baca juga: Milenial Ga Hanya Cari Properti Berdasarkan Lokasi, Lokasi, dan Lokasi

Ligwina memberikan saran berupa pendekatan yang mengarah ke experience atau pengalaman. Bagaimana asyiknya, serunya punya rumah atau apartemen sendiri.

Apalagi generasi milenial menyukai traveling kan? Pendekatan terkait experience diharapkan bisa mengubah cara pandang generasi milenial mengenai kepemilikan properti.

Bagikan: 585 kali