Foto: Rumah123/iStock

Kamu pastinya tahu bawang merah. Tapi, tahu juga ga apa saja kegunaannya selain untuk masakan? Bawang merah juga dapat digunakan untuk membersihkan perabotan di rumah. Kok bisa? Ada kandungan senyawa kimia pada bawang merah yang membuatnya bisa menjadi pembersih yang ampuh.

 

Nah, berikut ini beberapa kegunaan bawang merah untuk membersihkan perabot rumah:

 

Pembersih Panggangan

 

Pasca menggunakan panggangan,  kamu mungkin sering kesal lantaran noda kerak bekas panggangan susah dibersihkan. Kamu dapat menggunakan sari/cairan (ekstrak) bawang merah untuk melunakan kerak hangus tersebut. Gosokkan secara perlahan ekstrak tersebut pada kerak panggangan sampai hilang.

 

Baca juga: Lantai Rumah Ga Cukup Cuma Bersih dan Wangi, Apa Lagi?

 

Pembersih Exhaust

 

Kamu mungkin memiliki exhaust di rumah yang berfungsi untuk menghilangkan bau, asap, atau melakukan pertukaran udara yang dipasang di dapur atau kamar mandi. Exhaust rentan kotor karena menjadi jalur keluar masuknya udara, sehingga harus sering dibersihkan. Untuk membersihkan exhaust, kamu dapat mencampurkan setengah potong bawang merah ke dalam baking soda.

 

Pembersih Kompor Gas

 

Kompor gas kerap kotor karena digunakan setiap hari. Kotoran bekas makanan yang mengering kadang sulit untuk dibersihkan. Membersihkan kompor menggunakan sabun terkadang tidak memberikan hasil yang maksimal. Kamu dapat menggunakan campuran bawang merah dan garam agar kompor dapat dibersihkan dengan lebih mudah.

 

Baca juga: Bersih-Bersih Rumah Yuk! Sebelum Tikus dan Kecoak Sering Bertamu!

 

 Pembersih Gorden

 

Bagian dalam gorden jendela yang biasanya berbentuk seperti jaring berwarna putih halus sulit untuk dibersihkan. Gorden juga dapat rusak apabila digosok terlalu keras. Kamu dapat menggosokkan sepotong bawang merah pada jaring gorden tersebut. Pengolesan bawang merah juga dapat mengusir serangga yang biasa masuk melalui jendela.

 

Pemoles Logam

 

Pajangan yang terbuat dari logam biasanya memerlukan perawatan khusus. Hanya saja, bila kamu sedang tidak memiliki banyak waktu, pajangan tersebut dapat dibersihkan menggunakan cairan ekstrak bawang merah untuk memolesnya sementara.

Bagikan:
1680 kali