Foto: Rumah123/Getty 

Inti puasa adalah mengendalikan diri. Bukan mengendalikan perut aja alias makan doang lho. Puasa kan gak melulu soal menahan nafsu makan, ya gak? Juga nafsu-nafsu yang lainnya. Tapi, agar kamu dan keluarga jadi semangat berbuka dan sahur, gak ada salahnya kalau bikin sentuhan tersendiri selama bulan puasa di ruang makan agar suasana buka dan sahur semakin semarak.

Ada tiga hal yang bisa kamu ubah di ruang makan, coba lihat tips berikut ini:

Ganti tema ruang makan

Ganti-ganti tema ruang makan ini gak ada hubunganya dengan kamu harus keluar uang lho. Bisa aja kamu ganti tema rang makan tanpa keluar uang. Cuma diperlukan sedikit kreativitas dalam hal ini.

Kalau kamu misalnya mau ganti tema ruang makan dengan ala Jepang. Coba bikin lesehan. Kalau kamu menyimpan meja pendek, bisa dimanfaatkan tuh untuk tema ini. Meja bisa untuk 4 orang atau 6 orang tergantung pada jumlah keluarga. Sebagai pengganti kursi, kamu bisa menggantinya dengan bantal-bantal empuk sebagai alas duduk.

Baca juga: 5 Cara Hadirkan Ketenteraman Ala Jepang di Rumahmu, Mau?

Dinding bisa kamu ganti warnanya dengan warna karamel. Tapi, kalau gak ada cat sisa atau gak ada bujet buat beli sedikit cat warna ini, ya gak perlu ganti warna.

Tambahkan tanaman mini atau replika tanaman di sudut ruang makan. Nah, serasa kamu di Negeri Sakura deh! Tambah lengkap suasana ala Jepang kalau kamu tambahkan tirai. Gak perlu full cover, hanya sekadar tirai kayu penghias dengan tinggi kurang lebih 50 cm cukup kok untuk menutupi.

Tema ruang makan bisa juga kamu pilih yang eksotis. Andalkan aja lampu gantung. Penggunaan lampu gantung di ruang makan menjadi salah satu pemberi cahaya agar suasana ruangan semakin menyenangkan. Selain berfungsi sebagai pemberi cahaya untuk ruang makan, lampu gantung juga memiliki nilai artistik. Ruangan yang terang dan cerah akan membuat makanan terlihat jelas, sehingga merangsang nafsu makan.

Baca juga: Bikin Bufet Jadi Bernilai Tambah Dong!

Kalau kamu ingin kesan ruang makan yang mewah dan ekslusif, gunakan lampu gantung model kristal dan berwarna keemasan. Tapi, kalau pengen kesan yang sederhana, kamu bisa menggunakan lampu monochrome sehingga terlihat terang dan sederhana.

Kaluarkan simpanan peralatan makan

Biarpun belum Lebaran, keluarkan saja simpanan peralatan makan yang kamu simpan. Itung-itung pemanasan buat Lebaran. Istirahatkan perlatan yang biasa sehari-hari kamu gunakan. Selama bulan puasa, pake aja dulu peralatan makan simpanan. Alhasil, suasana makan jadi terasa beda di ruang makan kamu.

Tambahkan aksesori meriah

Sentuhan aksesori bisa mengubah rasa dan suasana. Kalau kamu biasa pake taplak meja polos, cobalah ganti taplak meja dengan yang bercorak atau bermotif, semisal motif bunga-bunga, atau kotak-kotak. Bisa juga dengan meletakkan vas bunga dengan beberapa helai daun atau tanaman hias dari taman rumah. Nah, suasana baru pun akan terasa di ruang makan kamu.

Bagikan: 1021 kali