Rumah yang Didesain oleh Matt Fajkus Architecture (Rumah123/Dezeen)

Banyak orang yang ingin memiliki hunian yang teduh dengan banyak pohon. Siapa juga yang ingin punya rumah yang panas?

Saat cuaca panas, tentunya asyik ya bisa bersantai di bawah pohon seraya menikmati minuman dingin dan cemilan. Lebih ramai lagi kalau bersama sahabat atau kerabat, suasana bersantai menjadi lebih meriah.

Baca juga: Eits, Jangan Sembarangan Menanam Pohon di Rumah

Keberadaan pohon memang penting di area sekitar rumah. Banyak orang berharap pohon yang ditanamnya bisa tumbuh menjadi besar dan rindang.

Tapi, bagaimana ceritanya kalau kamu memiliki pohon besar di atas lahan yang kamu ingin bangun menjadi sebuah rumah? Tebang atau desain rumah menyesuaikan pohon?

Baca juga: Bukti Mendesain Rumah Tanpa Menebang Pohon

Biro arsitek Matt Fajkus Architecture memilih pendekatan mendesain rumah mengikuti pohon yang berada di tengah lahan. Matt Fajkus Architecture didirikan oleh Matt Fajkus pada 2010.

Dia sudah menekuni profesi arsitek sejak 1998. Fajkus juga menjadi profesor jurusan arsitektur di University of Austin, Texas, Amerika Serikat.

Baca juga: Banyak Pohon Tumbuh di Dalam Masjid Ini

Rumah yang didesain oleh Matt Fajkus Architecture ini berada di Austin. Rumah dua lantai ini memiliki luas 257 meter persegi. Rumah ini berbentuk U.

Pada bagian tengah rumah ini, ada pohon oak yang dibiarkan alias tidak ditebang. Sementara pada kedua sisi rumah ada kamar tidur, dapur, ruang keluarga, ruang tamu, dan lainnya.

Baca juga: Menanam Pohon dalam Ruangan? Coba Aja Kalo Berani

Sebenarnya, tidak hanya pohon yang berada di bagian tengah ini saja yang tidak ditebang. Ada beberapa pohon oak yang dibiarkan berada di depan rumah.

Matt Fajkus Architecture menempatkan satu set kursi serta pot untuk mempercantik area duduk di bawah pohon oak. Sementara bagian rumah di sekeliling pohon oak dipasangi jendela kaca dengan ukuran bervariasi.

Baca juga: Mempertahankan Keberadaan Pohon Saat Renovasi Rumah? Bisa Aja Kok!

Kalau kamu memiliki lahan dengan pohon besar di tengahnya dan kamu ingin membangun rumah di atas lahan ini, coba deh cari arsitek untuk mendesain rumah dengan menyesuaikan posisi pohon.

Kayaknya sudah biasa kan kalau ada pohon di depan, samping, atau belakang lahan hunian. Beda halnya kalau ada pohon di tengah rumah, kan?

Bagikan:
2037 kali